kami menyampaikan bahwa pasokan BBM untuk akhir tahun kami pastikan cukup, khususnya solar
Tangerang (ANTARA) - Tim gabungan PT Pertamina (Persero) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Banten, memantau persediaan bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) KM 43 Tol Tangerang-Merak guna memastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dari beberapa pemantauan di SPBU, sejumlah BBM tersedia cukup antara lain jenis pertalite, pertamax hingga solar.

"Pemantauan yang dilakukan hari ini menyusul langkanya solar dalam beberapa pekan terakhir. Namun, dalam hal ini kami menyampaikan bahwa pasokan BBM untuk akhir tahun kami pastikan cukup, khususnya solar," kata Sales Area Manager Retail Wilayah Banten, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Shindu Priyo Windoko di Tangerang, Jumat.

Ia menyampaikan ketersediaan BBM di SPBU Rest Area KM 43 Tol Tangerang-Merak rata-rata ketersediaannya dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan selama masa mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kuota volume BBM untuk Provinsi Banten sendiri sebanyak 2.400 kiloliter. Dari kuota tersebut, Pertamina memasok hingga 2.600 kiloliter.

"Memang kami menyediakan karena penambahan volume kendaraan ini menyediakan pasokan sekitar 200 kl, yang biasanya hanya 100 kl," katanya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga menyediakan 48 unit SPBU modular di jalur tol

Baca juga: Pertamina optimalkan penyaluran BBM dan LPG menjelang Natal di Kaltara


Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan sejumlah antisipasi, seluruh infrastruktur dan sarana juga telah disiagakan di sejumlah unit Terminal BBM dan SPBU yang ada.

Kemudian, menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama. Lalu, untuk menambah stok BBM di SPBU, pihaknya telah menyiapkan kendaraan/mobil kargo yang kedatangannya cukup cepat dari biasanya.

"Kami melihat bahwa beberapa hari terakhir memang ada lonjakan volume kendaraan, sampai saat ini kami masih memastikan stoknya. Jadi masyarakat ini tidak perlu mencari BBM terlalu banyak, yang penting sesuai ketentuan saja," tutur dia.

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Banten Kombes Dedi Supriyadi menambahkan dari koordinasi bersama, stok BBM untuk Provinsi Banten sudah mencukupi. Bahkan, Pertamina sudah siap mendukung kelancaran Operasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Dari kepolisian tentunya membantu Pertamina untuk membuat pendistribusian BBM jadi lancar," katanya.

Dia menjelaskan, terkait kelangkaan BBM jenis solar, dikarenakan adanya peningkatan konsumsi dari normal. Akibatnya, banyak truk yang mengantre di SPBU dan tidak mendapat solar.

"Namun, untuk saat ini sudah terurai, kemarin cuma ada sedikit penambahan volume tapi itu dapat diantisipasi," terangnya.

Dalam hal ini, lanjut dia, pihaknya akan memastikan untuk tidak segan-segan melakukan penindakan terhadap para pelaku kejahatan penyalahgunaan BBM.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi pemakaian BBM.

"Kami sudah menyiagakan untuk mengawasi terjadinya penimbunan BBM, dan saat ini sudah bekerja," kata dia.

Baca juga: Pertamina Kalbar pastikan ketersediaan stok BBM/LPG aman jelang natal

Baca juga: Pertamina jamin ketersediaan BBM saat Natal dan tahun baru di Sulawesi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023