Jakarta (ANTARA) - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melanjutkan kampanyenya di Jakarta, Sabtu, dengan blusukan ke Pasar Induk Kramat Jati dan berdialog dengan pedagang.

Gibran mengatakan kedatangannya hanya silaturahim dengan para pedagang sekaligus memeriksa beberapa harga barang komoditas.

"Ya, silaturahim dengan pedagang, sambil ngecek-ngecek harga," kata Gibran usai berdialog dengan pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Sabtu.

Gibran tiba di pasar tersebut sekitar pukul 08.16 WIB dengan menggunakan jaket bernuansa biru muda dan celana hitam.

Kedatangan putra sulung Presiden Joko Widodo itu disambut yel-yel dari para relawan Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia.

"Prabowo, Gibran! Presiden! Satu putaran! Menang!" seru para relawan tersebut.

Gibran pun langsung menuju ke arah los buah. Di tempat itu, dia membeli durian dan melon. Dia juga menyempatkan diri makan durian bersama para pedagang yang telah menanti kedatangannya.

Beberapa dari warga yang berbelanja dan pedagang pasar juga sempat meminta foto bersama wali kota Surakarta.


Cawapres Gibran Rakabuming Raka (dua kiri) berbincang dengan pedagang durian di los buah Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (23/12/2023). (ANTARA/Aprillio Abdullah Akbar)
 
Setelah 30 menit berada di los buah, Gibran berjalan kaki menuju los sayur mayur. Di tempat itu, dia berbincang dengan pedagang dan menanyakan harga cabai rawit merah.

"Cabai (rawit) merah sekarang berapa, Bu?" tanya Gibran.

Pedagang itu pun menjelaskan bahwa hargai cabai rawit merah saat ini sedang mengalami kenaikan.

"Harganya naik, Rp85.000 per kilogram," jawab pedagang itu.

Di los sayur mayur, Gibran pun turut membeli cabai rawit.

Gibran melanjutkan kampanyenya di Pasar Minggu, Jakarta, sekitar pukul 09.30 WIB. Dia berangkat dari Pasar Induk Kramat Jati pada pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, pada Sabtu siang, Gibran dijadwalkan bertolak menuju ke Manado, Sulawesi Utara, untuk melanjutkan rangkaian kampanye.

Gibran yang masih aktif sebagai wali kota Surakarta itu mengambil cuti selama berkampanye di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023