Kami bersyukur sampai dengan saat ini tidak ada kemacetan..
Palembang (ANTARA) -
PT Waskita Sriwijaya Tol Kayuagung-Palembang-Betung menyiapkan Rest Area 360 B dan meningkatkan pengawasan di lokasi yang teridentifikasi rawan kecelakaan lalu lintas, guna mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan.
 
Manajer Operasi PT Waskita Sriwijaya Tol Sabdo Hari Mukti dikonfirmasi, di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, mengatakan bahwa situasi pelayanan lalu lintas dan transaksi di Gerbang Tol Keramasan saat ini terkendali dan ramai lancar serta kondusif.
 
Ia mengungkapkan bahwa kapasitas jalan tol dan Gerbang Tol Kayu Agung-Palembang-Betung masih sangat mencukupi untuk menampung volume kendaraan yang melintas saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sehingga diprediksi kemacetan tidak akan terjadi di tol itu.
 
"Kami bersyukur sampai dengan saat ini tidak ada kemacetan, hanya di saat-saat tertentu ada antrean dua hingga tiga kendaraan akibat kurang saldo tol," katanya.
 
Ia menerangkan bahwa peningkatan volume kendaraan yang melintas bertambah sekitar 45 persen dari jumlah hari biasanya, sejak tanggal 15 Desember 2023 hingga hari ini.
 
"Jumlah kendaraan yang melintas sejak tanggal tersebut sebanyak 90.180 kendaraan atau rata-rata 11.272 kendaraan per hari dan didominasi kendaraan pribadi," katanya lagi.
 
Ia memprediksi bahwa arus lalu lintas puncaknya akan terjadi sebanyak dua kali, yaitu di tanggal 24 Desember 2023 besok, dengan volume kendaraan sebesar 13.150 per hari. Kemudian pada tanggal 1 Januari 2024 dengan jumlah kendaraan yang melintas sebesar 13.790 per hari.
 
Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan pengawasan di lokasi yang diidentifikasi berpotensi rawan kecelakaan.
 
"Kami sediakan rest area di Km 360 B apabila pengguna jalan lelah, selain itu pemasangan per satu km spanduk keselamatan juga kami lakukan. Kemudian menyediakan posko siaga dan kesiapsiagaan unit personel dan kendaraan emergency serta sosialisasi himbauan keselamatan pengguna jalan melalui media masa, website, flyer, barcode dan lain lain," katanya.
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023