Jakarta (ANTARA) -
Majelis Syarif Hidayatullah (MSH) menyatakan siap memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
 
Sekretaris Umum MSH Teguh Arif mengatakan bahwa sekitar 7.000 jamaah itu akan bergerak secara independen untuk menyosialisasikan program-program perubahan yang digaungkan pasangan calon (paslon) AMIN, kepada keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal jamaah.
 
"Setelah dideklarasikan mendukung AMIN, nanti secara otomatis jamaah biasanya bergerak untuk mengampanyekan," kata Teguh saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, sebagian besar jamaah berasal dari wilayah Jakarta seperti Pesanggrahan dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
 
Menurut dia, para jamaah akan bergerak secara parsial untuk berkolaborasi dengan tim atau sukarelawan AMIN lain sehingga bisa lebih membaur untuk menyosialisasikan visi-misi pasangan calon tersebut.
 
Selain itu, kampanye melalui kanal-kanal sosial media juga dilakukan guna menyasar pemilih lainnya yang ada di luar Jabodetabek, kata Teguh.
 
"Bentuk kampanye macam-macam, ada yang sosial media, door to door atau langsung berbicara orang per orang," ujarnya.
 
Teguh menambahkan, kegiatan secara massif terakhir dilakukan pada pekan lalu untuk menyosialisasikan paslon AMIN kepada para jamaah dan masyarakat sekitar.
 
Kegiatan tersebut juga dilakukan dalam rangka pengajian akbar dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dihadiri oleh sejumlah ulama dan tokoh muda islam serta ribuan jamaah di Jalan Kebon Mangga 3, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gus Imin janjikan 75 persen kebutuhan pemerintah dibeli dari UMKM
Baca juga: Jubir timnas AMIN: Cak Imin dulu terpaksa ikut seremoni tumpengan IKN

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023