Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menjanjikan 75 persen pemenuhan belanja kebutuhan pemerintah dibeli dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Seluruh kebutuhan pemerintah, belanja pemerintah nanti kami wajibkan minimal 75 persen harus produk UMKM yang mengisi kebutuhan belanja negara," kata Gus Imin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan oleh Muhaimin dalam acara AMIN Preneur di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu.

Dengan diwajibkannya belanja kebutuhan pemerintah melalui UMKM, menurut dia, hal tersebut akan membuka pasar lebih luas, serta meningkatkan peluang bagi para pelaku usaha mikro untuk naik kelas.

"Saya sama Mas Anies sudah yakin bahwa tidak akan mampu mendongkrak UMKM kalau tidak dibuka pasar yang sudah jelas-jelas gampang. Siapa itu? Pemerintah," katanya.

Selain itu, pihaknya menjanjikan untuk mempermudah proses regulasi serta pinjaman bagi UMKM agar dapat lebih mendongkrak roda perekonomian.

Baca juga: Cak Imin: Negara harus berani saingi rentenir
Baca juga: Survei CPCS: Prabowo-Gibran unggul, Anies-Cak Imin salip Ganjar-Mahfud


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023