sudah kami kerjakan ketika bertugas di Jakarta
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menawarkan program "Contract Farming" kepada para petani bawang di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, agar permasalahan pertanian bisa teratasi.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan program yang juga disebut Jaminan Pembelian Panen tersebut diyakini dapat mengatasi permasalahan harga bawang yang tidak stabil. Dia mengatakan program itu sudah diberlakukan di Jakarta.
 
"Konsep ini sudah kami kerjakan ketika bertugas di Jakarta, di mana badan usaha milik DKI membeli hasil-hasil pertanian selama lima tahun," kata Anies dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Adapun program Contract Farming yang digagas oleh Anies tersebut yakni pemerintah menjalin kontrak dengan para petani di daerah tertentu untuk menjamin penyerapan produksi pertanian. Selain itu, dia juga yakin program tersebut bisa memutus rantai mafia di sektor pertanian.
​​​
Selain permasalahan panen, dia juga menyoroti permasalahan pupuk yang kini dialami oleh para petani. Jika terpilih menjadi presiden, dia berjanji bakal menambah stok ketersediaan pupuk agar kondisinya selalu aman.
 
Selain itu, juga akan menghapuskan sistem kuota pembelian pupuk. Dengan begitu, menurutnya para petani bisa membeli pupuk kapan saja sesuai kebutuhan pertanian.
 
Di daerah Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dia pun mendengarkan sejumlah keluhan dari petani bawang, salah satunya harga yang tak stabil dan pupuk yang susah didapat. Para petani pun meminta agar calon presiden tersebut bisa menjamin harga bawang stabil, tidak naik turun.
 
"Saya mewakili petani bawang di Larangan, Brebes, ingin meminta harga pupuk tidak terlalu mahal. Kartu tani juga sebaiknya dicabut," kata perwakilan petani, Windi Asturi.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran lanjutkan kampanye di Manado kemudian pulang ke Solo

Baca juga: Hari ke-26 kampanye, Ganjar datangi Jateng dan Mahfud di Jatim

Baca juga: Anies-Muhaimin ke Jawa Tengah pada hari ke-27 kampanye

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023