Jakarta (ANTARA) - Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic mencetak 39 poin sekaligus mencatat triple-double saat timnya menghabisi San Antonio Spurs dengan skor 144-119 dalam laga lanjutan NBA yang digelar di American Airlines Center Dallas Texas, Minggu WIB.

Doncic mencetak 39 poin, 12 rebound, dan 10 assist hanya di kuarter satu sampai kuarter tiga. Dia meninggalkan lapangan sesaat sebelum kuarter tiga berakhir dan tak kembali bermain di kuarter empat.

Ini adalah triple-double di atas 30 poin yang ke-36 yang dicetak oleh Doncic sepanjang kariernya. Catatan ini hanya terpaut satu triple-double dengan LeBron James sebagai pemain urutan ketiga pencetak triple-double terbanyak sepanjang sejarah NBA.

"Kita semua tahu siapa dia. Dengan apa yang dia lakukan selama 21 tahun di NBA, sungguh luar biasa. Ini berarti besar," kata Doncic seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Tim Hardaway Jr membantu Doncic dengan menambahkan 23 poin, Dante Exum menyumbang 20 poin untuk Mavs, dan A.J. Lawson mencetak 17 poin.

Baca juga: LeBron cetak rekor poin musim ini saat Lakers dinginkan mesin OKC

Sementara Spurs yang sempat tertinggal 41 poin di kuarter terakhir, harus bermain tanpa bintang amatirnya Victor Wembanyama. Wemby mengalami cedera terkilir saat pemanasan sebelum pertandingan.

Poin tertinggi Spurs dicetak Jeremy Sochan dengan 23 poin, ditambah Keldon Johnson 16 poin, dan Zach Collins bersama Sandro Mamukelashvili sama-sama mencetak 14 poin.

Mavericks meraih kemenangan ke-17 dan menempatkannya di peringkat keenam klasemen NBA Wilayah Barat. Sementara Spurs tersungkur di dasar klasemen NBA Wilayah Barat dengan hanya empat menang dan 24 kalah.

Selanjutnya, Spurs akan menjamu Utah Jazz pada Rabu (27/12), dan Mavericks akan bertemu Phoenix Suns pada Selasa (26/12).

Baca juga: NBA rayakan Hari Bola Basket Sedunia lewat program menarik
Baca juga: Tanpa Tatum, Celtics melenggang atasi Kings 144-119

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023