indeks kualitas udara (air quality index/AQI) di ibu kota negara tersebut masuk dalam kategori "parah" sehingga  pembatasan terhadap pergerakan lalu lintas dan aktivitas konstruksi diterapkan.
New Delhi (ANTARA) - Pembatasan pergerakan kendaraan dan kegiatan konstruksi kembali diberlakukan di New Delhi, India, Sabtu (23/12) waktu setempat, dipicu meningkatnya level polusi udara.

Menteri Lingkungan Hidup India Gopal Rai mengatakan bahwa indeks kualitas udara (air quality index/AQI) di ibu kota negara tersebut masuk dalam kategori "parah" sehingga  pembatasan terhadap pergerakan lalu lintas dan aktivitas konstruksi diterapkan.

Komisi Manajemen Kualitas Udara (Commission for Air Quality Management/CAQM) India memerintahkan pelarangan terhadap pekerjaan konstruksi nonesensial dan penggunaan kendaraan roda empat berbahan bakar bensin BS-III dan diesel BS-IV di New Delhi dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Region/NCR) yang mengelilinginya karena memburuknya kualitas udara.

AQI di New Delhi, India, tercatat sebesar 447 yang termasuk dalam kategori "parah", berdasarkan data Dewan Pusat Pengendalian Polusi Pusat (Central Pollution Control Board/CPCB). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023