Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Barat bersama Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi di 185 gereja di wilayah Jakarta Barat guna memastikan bahwa lokasi yang dipergunakan dalam ibadah Natal aman dan nyaman.
 
Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Randi Ariana pada Minggu, menjelaskan, beberapa gereja mendapat perhatian khusus dalam sterilisasi ini.

Antara lain Gereja HKBP Petojo di Jalan Kyai Tapa Grogol Petamburan dan Gereja ST Kristoforus di Jalan Satria IV Jelambar. Selain itu Gereja GKY Mangga Besar, Gereja MKK Meruya Selatan di Kembangan, Gereja Immakulata Kalideres dan Gereja Salvator Slipi.

Randi juga menegaskan sterilisasi ini sebagai bentuk komitmen keamanan dan kenyamanan bagi umat Kristiani yang mengikuti perayaan ibadah Natal.

"Upaya ini melibatkan tim Brimob Gegana yang telah terlatih secara khusus untuk menangani situasi keamanan tertentu," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023
Baca juga: Polisi periksa gereja di Taman Sari

 
Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakbar AKBP Randi Ariana saat memberikan arahan menjelang pengamanan Natal 2023. (ANTARA/HO-Humas Polres Metro Jakarta Barat)
Randi berharap ibadah Natal di setiap gereja di Jakarta Barat (Jakbar) dapat berlangsung damai dan lancar.
 
Polda Metro Jaya memastikan pengamanan 
1.807 gereja yang merayakan Natal 2023 di DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Jumlah gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang kita amankan sebanyak 1.807 gereja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Personel tersebut disebar ke 138 gereja di Jakarta Pusat, 287 gereja di Jakarta Utara, 204 gereja di Jakarta Barat, 126 gereja di Jakarta Selatan dan 171 gereja di Jakarta Timur.
 
Selain itu di 213 gereja di Kota Tangerang, 277 gereja di Kota Bekasi, 144 gereja di Kabupaten Bekasi, 165 gereja di Depok, 81 gereja di Tangerang Selatan dan satu gereja di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
 
Sebanyak 1.807 gereja tersebut dijaga oleh 4.041 personel gabungan yang disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023