Kami lakukan asesmen keamanan
Jakarta (ANTARA) - Polisi memeriksa keamanan sejumlah gereja di Taman Sari, Jakarta Barat untuk mengantisipasi potensi gangguan selama perayaan Natal, Sabtu.

"Kami lakukan asesmen keamanan guna mengantisipasi adanya potensi gangguan yang tidak diinginkan selama perayaan ibadah Natal," ucap Kapolsek Metro Taman Sari, Kompol Adhi Wananda dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu.

Salah satu gereja yang menjadi fokus pemeriksaan keamanan tersebut adalah Gereja Kristus Yesus di Mangga Besar dan gereja-gereja lain di wilayah hukum Polsek Taman Sari.

"Dalam pelaksanaannya di Gereja Kristus Yesus Mangga Besar, pihak kepolisian bekerja sama dan berkoordinasi dengan keamanan gereja setempat," ucap Adhi.

Baca juga: Pusat Grosir Asemka Jakarta tampak sepi pengunjung jelang Natal 2023

Adhi mengatakan, dari hasil pemeriksaan tersebut, tercatat bahwa gereja tersebut telah dilengkapi dengan CCTV sebanyak 130 titik dan pendeteksi logam, yang berada dalam kondisi baik dan berfungsi optimal.

"Kami pastikan untuk memastikan keamanan di gereja sudah sesuai dengan prosedur keamanan," tambahnya.​​​​​​​

Adhi menambahkan, diprediksi terdapat sekitar 3.000 jemaat yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan kebaktian Natal di gereja tersebut.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, keamanan dan ketertiban selama perayaan ibadah Natal dapat terjaga dengan optimal, memberikan rasa aman kepada jemaat dan masyarakat sekitar gereja," kata Adhi.

Baca juga: DKI pastikan keselamatan penumpang bus saat libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023