Persiapan menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini, kami mengoperasikan enam KA reguler dan memperpanjang rangkaian KA dengan menambah satu kereta pada rangkaian KA Kuala Stabas dan KA Rajabasa
Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta API Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang mengatakan bahwa pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengoperasikan enam unit kereta api (KA) reguler.

"Persiapan menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini, kami mengoperasikan enam KA reguler dan memperpanjang rangkaian KA dengan menambah satu kereta pada rangkaian KA Kuala Stabas dan KA Rajabasa," kata Manajer Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari, di Bandarlampung, Minggu.

Dia mengatakan, dengan adanya penambahan rangkaian tersebut, total jumlah tempat duduk yang disediakan pada masa Natal dan Tahun Baru berjumlah 47.060 dari sebelumnya 42.120.

"Jadi terdapat 4.940 penambahan tempat duduk, dari yang sudah dipersiapkan sebelumnya," kata dia.

KAI Divre IV Tanjungkarang juga menyiagakan 284 personel pengamanan yang ditempatkan di atas KA, Stasiun dan sepanjang jalur selama Natal dan Tahun Baru.

"Terhadap penumpang KA, kami harap tetap berhati-hati saat berada di stasiun karena volume penumpang saat masa libur natal dan tahun bari cenderung semakin padat. Kami juga mengimbau agar penumpang membawa barang bawaan secukupnya," kata dia.

Zaki pun mengungkapkan bahwa tiket kereta api yang telah terjual pada masa libur natal dan tahun baru hingga kini berjumlah 36.666 tempat duduk.

"Untuk penjualan KA Rajabasa pada 21 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 dari arah Stasiun Kertapati menuju Stasiun Tanjungkarang sudah habis terjual. Adapun sisa tiket masih tersedia pada tanggal 7 Januari 2024 sebanyak 70 tempat duduk," kata dia.

Begitu pula, lanjut dia, penjualan KA Rajabasa dari Stasiun Tanjungkarang menuju Stasiun Kertapati pada 21 Desember 2023 sampa dengan 7 Januari 2024 seluruhnya sudah habis terjual.

"Sedangkan pada 1 sampai 7 Januari 2024, tiket yang tersedia hanya KA Kuala Stabas, karena pembeliannya dibuka pada H-7," katanya.

Baca juga: KAI Tanjungkarang sediakan 42.120 tempat duduk pada Natal-Tahun Baru

Baca juga: KAI: Sejak awal Januari 2023 terjadi 20 kecelakaan di perlintasan KA
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023