Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika melakukan pengecekan secara langsung persiapan malam Natal ke sejumlah gereja yang berada di Kota Bandarlampung.

"Kami beserta jajaran melakukan kegiatan pengecekan persiapan gereja-gereja yang akan melaksanakan malam Natal," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, di Bandarlampung, Ahad.

Dia mengatakan pengecekan ke rumah ibadah umat Nasrani itu bertujuan memberikan rasa aman, sehingga diharapkan pelaksanaan malam Natal di gereja-gereja dapat berjalan lancar.

"Ini adalah kegiatan yang kerap dilakukan saat menjelang Natal. Kami lakukan pengecekan, baik saat persiapan maupun ketika saudara-saudara kita umat Nasrani sedang beribadah," kata dia.

Baca juga: Polda Sumsel buat skema tiga jalur antisipasi kemacetan arus Natal

Baca juga: Antisipasi kemacetan Ragunan, Polisi siapkan rekayasa lalu lintas


Kapolda pun mengucapkan selamat Natal bagi umat Nasrani, dan berharap kegiatan ibadah mereka dapat berlangsung aman dan lancar hingga selesai.

"Semoga Natal dan tahun baru aman dan tertib," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Lampung pun mengatakan bahwa khusus Natal terdapat 1.050 gereja di provinsi ini yang menjadi objek pengamanan dengan rincian 695 gereja Protestan dan 356 gereja Katolik.

Polda Lampung juga mengerahkan sebanyak 1.886 polisi dan 1.496 personel dari instansi terkait, dalam upaya pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Pengamanan Natal dan tahun baru ini dilakukan di seluruh jajaran polres dan polresta selama Operasi Lilin Krakatau 2023," kata dia.*

Baca juga: Polisi periksa gereja di Taman Sari

Baca juga: Polisi dirikan posko keamanan Natal dan tahun baru di Stasiun Senen

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023