Pak Anies itu tidak diragukan intelektualnya dan Gus Imin juga merupakan perwakilan santri. Karena itulah, bertepatan di sini, alumni Lirboyo berkumpul mendukung AMIN
Jakarta (ANTARA) -
Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri, Jawa Timur Cabang ke-20 yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu.
 
Dalam acara Istighosah Kubro Masyayich & Alumni Pondok Pesantren Lirboyo di Semarang, Pemimpin Ponpes Lirboyo Cabang ke-20, Kiai Haji Hasan Zamzami Mahrus mengatakan bahwa santri dan para alumni mendukung sepenuhnya pasangan calon (paslon) tersebut untuk menjadi pemimpin Indonesia pada 2024.
 
"Pak Anies itu tidak diragukan intelektualnya dan Gus Imin juga merupakan perwakilan santri. Karena itulah, bertepatan di sini, alumni Lirboyo berkumpul mendukung AMIN," ujar Hasan dalam keterangan tertulis dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Dia menambahkan, pilpres bukan sekadar ajang elektoral atau kompetisi politik saja. Namun, rakyat harus memilih pemimpin yang baik agar nasib rakyat dan negara juga baik, kata dia.
 
Dalam kegiatan sekaligus deklarasi dukungan itu, Anies dan Muhaimin tampak langsung hadir di lokasi bersama dengan sejumlah ulama dan tokoh dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) seperti Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid.
 
Pada akhir kegiatan, para alumni Ponpes Lirboyo yang dipimpin oleh KH Abdulah Kafabiki Mahrus juga bersama-sama para santri, mengucap ikrar dukungan sebagai komitmen untuk memenangkan paslon AMIN dalam pilpres nanti.
 
Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


Baca juga: Anies kunjungi Pekalongan, sebut perubahan kerap menghadapi tantangan
Baca juga: Prabowo-Gibran terima dukungan dari Solidaritas Nelayan Indonesia
Baca juga: Ganjar: Sudah pensiun jadi gubernur ternyata masih sama menyenangkan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023