Kami mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung pada, Sabtu (23/12) kemarin tembus sebanyak 2.893 orang
Belitung (ANTARA) - PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah pergerakan penumpang pesawat pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal 2023 mencapai 2.893 orang.

"Kami mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung pada, Sabtu (23/12) kemarin tembus sebanyak 2.893 orang," kata Executive General Manager PT AP II Cabang Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Khaerul Assidiqi di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, jumlah tersebut berasal dari sebanyak 18 pergerakan pesawat di bandara tersebut baik yang tiba maupun berangkat dengan rute Jakarta atau Pangkalpinang.

Khaerul mengatakan, jumlah pergerakan penumpang ini menjadi periode yang tertinggi di sepanjang 2023, melebihi jumlah pergerakan penumpang sebelumnya di masa angkutan Lebaran 2023 hanya sebanyak 2.766 penumpang per harinya.

"Sesuai prediksi bahwa pada, Sabtu (23/12) merupakan puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Sekaligus banyak penumpang yang melakukan perjalanan udara dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2024," ujarnya.

Khaerul menyampaikan, tren peningkatan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung diperkirakan masih berlangsung sampai awal 2024.

"Karena Pulau Belitung merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok dalam menghabiskan masa libur Natal dan Tahun Baru 2023," katanya.

Ia memastikan, sampai saat ini situasi dan kondisi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2023 berjalan dengan aman dan lancar.

"Hal ini dikarenakan berkat kolaborasi semua pemangku kepentingan di lingkungan Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung," ujarnya.

Baca juga: Bupati Belitung membantah pencabutan status bandara internasional

Baca juga: Menparekraf bahas status Bandara internasional Belitung di Istana


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023