Dari kegiatan ini berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 168,6 kilogram
Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan program meriri atau clean up di sepanjang jalur pendakian menuju Gunung Rinjani dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

"Program meriri ini merupakan kegiatan clean up bersama dan rutin yang dilakukan di akhir tahun sebelum penutupan destinasi wisata pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani," kata Kepala Balai TNGR Nusa Tenggara Barat, Dedy Asriady dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Minggu.

Pelaksanaan kegiatan Rinjani Meriri 2023 dilakukan di jalur pendakian Sembalun menuju Plawangan Sembalun, Camp area Danau Segaera Anak, dan di sepanjang jalur pendakian Torean. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 80 peserta dari berbagai kelompok dan organisasi relawan pecinta alam dan Mitra TNGR serta petugas TNGR.

"Dari kegiatan ini berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 168,6 kilogram," katanya.

Baca juga: Balai TNGR bersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Rinjani
Baca juga: Masyarakat adat bersihkan sampah di Gunung Rinjani Lombok


Adanya kegiatan clean up ini dapat menjadi ajang silaturahmi untuk semua organisasi maupun komunitas pecinta alam yang ada di Indonesia dan juga menjadikan semua untuk terus sadar dan peduli akan Rinjani dan juga lingkungan sekitar untuk tetap menjaga kebersihan.

"Ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan," katanya.

Sebelumnya, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Nusa Tenggara Barat menyatakan seluruh destinasi wisata pendakian dan beberapa destinasi wisata non pendakian di kawasan Rinjani untuk sementara ditutup.

"Penutupan dilakukan mulai 1 Januari hingga 31 Maret 2023 mendatang," kata Dedy Asriady.

Adapun jalur pendakian TNGR yang ditutup itu diantaranya jalur pendakian Sembalun, jalur pendakian Torean, jalur pendakian Tete Batu, jakur pendakian Aik Berik, jalur pendakian Timbanum dan jalur pendakian Senaru.

"Sedangkan destinasi wisata non pendakian yang ditutup itu yakni Air Terjun Jeruk Manis, Desa Jeruk Manis, Kecamatan Sikur dan Air Terjun Mayung Polak, Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Dan Air Terjun Mangku Sakti via Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur dan Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara," katanya.

Baca juga: Peringati "World Clean Up Day", BEM UI bersihkan pesisir Pantai Ancol
Baca juga: PLN Indonesia Power kumpulkan sampah 230 ton lewat Coastal Clean Up
Baca juga: IKEA-relawan Bali adakan "River Clean Up" untuk kurangi sampah plastik

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023