Korban sudah tiba di Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilaksanakan serah terima jenazah dari Pihak TNGR kepada keluarga korban
Mataram (ANTARA) - Seorang pendaki berinisial LM (59) asal Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), meninggal dunia di lokasi Goa Susu, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok.

"Korban sudah tiba di Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilaksanakan serah terima jenazah dari Pihak TNGR kepada keluarga korban," kata Kepala Balai TNGR Lombok Tengah Dedy Asriady di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan korban merupakan rombongan pendaki pilgrim (peziarah) yang naik pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023 melalui pintu jalur wisata pendakian Senaru SPTN Wilayah I TNGR, dengan jumlah peserta rombongan 11 orang.

"Tim evakuasi langsung berangkat dengan jumlah personel tujuh porter dan satu tenaga medis pada hari Rabu 1 November Pukul 00.28 WITA," katanya.

Baca juga: Petugas TNGR evakuasi jasad pendaki yang meninggal di Gunung Rinjani

Karena situasi sudah larut malam, tim memutuskan istirahat di Pos Birisan Nangka dan baru melanjutkan proses evakuasi pada pagi hari pukul 06.15 WITA langsung menuju Goa Susu.

Pukul 11.00 WITA tim tiba di lokasi Goa Susu dan mencoba untuk melakukan upaya evakuasi terhadap jenazah korban yang terjepit di dalam lubang sempit areal Goa Susu. Namun mereka kesulitan untuk dapat mengeluarkan jenazah, sehingga menunggu bantuan Tim SAR Lombok Timur yang memiliki alat dan teknis untuk mengeluarkan jenazah. 

"Pada saat tersebut posisi Tim SAR Lombok Timur masih di Pelawangan Sembalun," katanya.

Kemudian sekitar pukul 17.05 WITA Tim SAR Lombok Timur sampai di lokasi Goa Susu dan mengeluarkan jenazah yang terjepit tersebut untuk kemudian dievakuasi menuju pintu jalur wisata pendakian Torean.

"Sekitar Pukul 22.35 WITA tim tiba di Pos Birisan Nangka," katanya.

Baca juga: Petugas TNGR evakuasi jasad pendaki yang meninggal di Gunung Rinjani
Baca juga: Nenek 71 tahun pendaki Gunung Rinjani raih penghargaan rekor MURI

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023