kami mengucapkan Selamat Natal, mudah-mudahan memberi berkah kepada kita semua
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan gembira karena pelaksanaan Misa Malam Natal berjalan dengan baik dan aman, usai meninjau Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu malam.

“Saya gembira bahwa umat Kristiani di Indonesia ini sekarang bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan aman, dan memang Pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengamankan dan membuat peribadatan menjadi nyaman,” kata Mahfud di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu.

Mahfud juga mengatakan bahwa Pemerintah turut bergembira dan mendorong setiap peribadatan umat beragama dapat berjalan aman dan nyaman.

“Tadi saya sudah menyampaikan bahwa Pemerintah merasa gembira dan mendorong agar setiap penganut umat beragama di Indonesia, agama apa pun yang dianut bisa melaksanakan peribadatan, kebaktian dan seluruh ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya secara aman dan nyaman,” katanya.

“Karena Pemerintah berpendapat manakala setiap pemeluk agama melaksanakan ajaran agama dengan baik, maka negara ini akan aman,” kata dia menambahkan.

Selain itu, Mahfud mengatakan bahwa semua agama mengajarkan kebaikan, persaudaraan, dan kerukunan di antara sesama umat manusia, bukan sebatas kepada sesama pemeluk agama secara internal itu sendiri.

“Semua agama mengajarkan. Oleh sebab itu, kami mengucapkan Selamat Natal, mudah-mudahan memberi berkah kepada kita semua bangsa Indonesia,” kata Mahfud.

Sementara itu, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengaku berterima kasih terhadap kehadiran Mahfud Md. Sehingga ia mengatakan bahwa negara turut hadir untuk memberikan perlindungan dalam beribadah.

“Atas nama umat Katolik di bawah Keuskupan Agung Jakarta yang saya wakili, saya ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas kehadiran Bapak Menko Polhukam sebagai wakil pemerintah,” kata Kardinal Suharyo.

“Kehadiran Bapak kami rasakan sebagai kehadiran negara ini yang memberikan kebebasan, dan bukan hanya kebebasan tetapi juga perlindungan untuk seluruh umat beragama menjalankan ibadah menurut keyakinan masing-masing,” ujarnya.

Ia berharap dengan perayaan natal pada tahun ini maka umat Katolik dapat tumbuh menjadi warga negara yang baik.

“Kita semua berharap semoga dengan merayakan natal, umat Katolik khususnya bertumbuh menjadi warga negara yang baik, menjadi warga negara yang bertanggung jawab, menjadi warga negara yang cerdas sehingga mampu ikut terlibat di dalam berjalan menuju cita-cita negara ini didirikan,” katanya.

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023