Belitung (ANTARA) - Satbrimob Batalyon B Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan kegiatan sterilisasi di sejumlah gereja di Kabupaten Belitung menjelang perayaan Natal 2023.

Pejabat Sementara (PS) Komandan Kompi Satbrimob Batalyon B Polda Babel, Ipda Muhammad Ibnu Rifli di Tanjung Pandan, Minggu malam mengatakan kegiatan sterilisasi tersebut bertujuan guna memberikan rasa aman menjelang perayaan Natal di daerah itu.

"Tujuan kegiatan sterilisasi adalah agar terciptanya rasa aman bagi umat Kristiani yang merayakan Natal," katanya.

Ia menjelaskan, personel Satbrimob Batalyon B Polda Babel melakukan kegiatan sterilisasi di sejumlah gereja di daerah itu dengan membawa sejumlah peralatan seperti "metal detector" (pendeteksi logam) dan "handheld mirror" (cermin genggam).

Dikatakan dia, salah satu ancaman yang diantisipasi menjelang perayaan Natal adalah terkait gangguan terorisme dan ancaman lainnya.

"Untuk potensi gangguan alhamdullilah di Belitung cukup aman tidak ada potensi gangguan yang menonjol sampai saat ini," ujarnya.

Disampaikannya, kegiatan sterilisasi tersebut akan tetap dilanjutkan di sejumlah gereja setempat yang dijadwalkan merayakan puncak ibadah Natal pada, Senin (25/12) besok.

"Kegiatan sterilisasi tetap akan kami laksanakan terutama besok karena sejumlah gereja di Belitung akan melaksanakan kegiatan puncak ibadah perayaan Natal," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat di daerah itu untuk bersama-sama menjaga rasa aman dan kondusifitas selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kemudian kepada para personel pengamanan di gereja agar tetap waspada dan jangan lengah," ujarnya.
Baca juga: Polres Metro Jakbar lakukan sterilisasi di 185 gereja
Baca juga: Polres Kulon Progo sterilisasi empat gereja jelang perayaan Paskah
Baca juga: Tim penjinak bom sterilisasi gereja di Sidoarjo
Baca juga: Brimob sterilisasi gereja di Medan jelang malam Misa Natal

Pewarta: Kasmono
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023