Tentunya kita bersyukur saudara kita (umat nasrani) melaksanakan ibadah dengan hikmat dan aman dan damai
Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat meninjau misa malam Natal 2023 di Kota Bandung untuk memberikan jaminan kondusivitas perayaan umat nasrani tersebut.

Berangkat pukul 19.00 WIB dari Mapolrestabes Bandung, rombongan termasuk Kapolda Jabar, Pangdam Siliwangi, Kakanwil Kemenkumham, Kakanwil Kemenag dan lainnya, mengunjungi tiga tempat ibadah umat nasrani yakni Gereja Hok Im Tong Cikapayang, GKI Maulana Yusuf, dan Gereja Katedral Bandung sebagai titik terakhir.

"Pemprov Jabar, bersama jajaran Forkopimda Jabar, juga Wali Kota Bandung berkeliling ke tiga gereja, pertama untuk menyampaikan selamat hari Natal dan juga memberi jaminan keamanan ibadah natal," ucap Bey di Katedral Bandung, Minggu malam.

Dengan kunjungan ke tiga gereja ini, Bey mengatakan Pemprov Jawa Barat dan Forkopimda Jabar menjamin keamanan dalam pelaksanaan ibadah Natal 2023 ini agar berjalan damai dan penuh dengan kebahagiaan.

"Tentunya kita bersyukur saudara kita (umat nasrani) melaksanakan ibadah dengan hikmat dan aman dan damai," ucapnya.

Meski dalam peninjauan kali ini dilakukan di Bandung, Bey juga menjamin pemantauan kondusivitas ibadah Natal 2023 ini dilakukan di seluruh Jawa Barat.

"Untuk kabupaten dan kota di wilayah Jabar kita minta juga Pemda dan Forkopimda setempat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan ibadah Natal di wilayahnya," tuturnya.

Sementara itu, Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunyamin menuturkan pesan Natal tahun ini adalah hidup sesuai dengan yang berkenan kepada Tuhan.

"Artinya, bekerjalah dan hidup sesuai dengan fungsi masing-masing dan ikuti lah suara hati dan gerakan ilahi, supaya ada damai dan sejahtera," ucapnya.

Uskup juga menggarisbawahi pesan hidup untuk saling membantu dan gotong royong dalam hal kebaikan.

Begitu juga dengan menghargai dan mendukung kerja keras para pejabat, seperti gubernur, pangdam, dan kapolri.

"Maka silih asah, silih asih, silih asuh dan silih wawangi satu sama lainnya, sehingga hidup bergandengan tangan. Kita dukung juga kerja keras pelayanan para pejabat negara (seperti) gubernur, pangdam, kapolda, kapolri, DPRD. Maka kalau kita kerja dengan fungsi masing-masing, saya kira akan ada damai, aman, dan sejahtera bagi banyak orang," tuturnya.

Baca juga: Pj Gubernur pastikan cadangan beras Jabar aman
Baca juga: Pj Gubernur Jabar kaji ulang rencana penerbitan obligasi daerah
Baca juga: Bey minta penerbangan dari BIJB Kertajati ke arah Timur ditambah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023