Baut lepas dan kami minta segera diperbaiki,"
Kediri (ANTARA News) - Petugas Kepolisian Resor Kediri Kota, Jawa Timur, menemukan sejumlah baut di bantalan rel kereta api lepas, yang dikhawatirkan memicu kecelakaan kereta.

"Baut lepas dan kami minta segera diperbaiki," kata Kepala Polres Kediri Kota AKBP Ratno Kuncoro saat melakukan inspeksi mendadak di Stasiun Kereta Api Kediri, Kamis.

Dalam sidak itu, petugas memeriksa dengan rinci lokasi jalur yang digunakan kereta api. Selain memeriksa baut, juga memeriksa bantalan rel kereta api dan diketahui bantalan itu terbuat dari batang kayu yang sudah waktunya harus diganti.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Resort Jalan Rel 78 Kediri Sukartono mengakui pemeriksaan terus dilakukan secara intensif. Terlebih lagi, saat ini menjelang Lebaran, dimana seluruh jalur diharapkan aman.

"Kami sudah ajukan untuk perbaikan," katanya singkat.

Ia juga mengatakan, petugas juga intensif untuk terus memeriksa kondisi rel kereta api. Terdapat petugas penilik yang memeriksa seluruh rel serta melihat kondisinya.

Jika ada yang rusak, langsung dilaporkan ke kantor. Selain itu, terdapat petugas yang melakukan perawatan rutin dengan menyingkirkan batu dari rel kereta api.

"Itu perawatan rutin biar jalur lancar, agar tidak selip," ucapnya.

Pihaknya mengatakan, saat ini juga dilakukan sejumlah perbaikan di jalur kereta api wilayah Stasiun Kediri. Perbaikan dilakukan di jalur Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri.

Panjang jalur yang diperbaiki mencapai 400 meter. Untuk di dekat lokasi Stasiun Kereta Api Kediri, Sukartono mengatakan sudah mengajukan perbaikan untuk rel kereta api serta baut sepanjang 1,5 kilometer.

Ia juga memastikan, hal itu tidak akan membahayakan laju kereta api, karena perawatan rutin yang dilakukan.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kereta Api Kediri Dian mengatakan untuk perbaikan jalur kereta api memang ditangani oleh Unit Pelaksana Teknis Resort Jalan Rel 78 Kediri.
(KR-FQH/M026)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013