Makassar (ANTARA) - Ratusan umat Kristiani melaksanakan ibadah Misa di Gereja Katedral Hati Yesus Maha Kudus yang berlangsung khidmat dan lancar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

  Uskup Agung Makassar Mgr Johannes Liku Ada' memimpin pelaksanaan ibadah Misa yang diikuti 700 orang jemaat menyerukan pesan damai, sesuai tema Natal tahun ini yaitu 'Kemuliaan Kepada Tuhan dan Damai di Bumi dengan tiga pesan damai yakni damai pada Pemilu 2024, ekologis dan media sosial'.

  Puluhan aparat gabungan TNI Polri juga terlihat melakukan pengamanan ketat dengan memeriksa barang bawaan jemaat serta mesti melalui metal sebelum masuk di pintu gerbang guna mengikuti ibadah Misa di gereja setempat.

  Panitia keamanan Gereja Katerdal Makassar Audi menuturkan, sebelum pelaksanaan Misa Natal, tim Gegana dari Koprs Brimob Polda Sulsel telah melakukan sterilisasi di sejumlah titik gereja setempat.

  "Sterilisasi sudah dilakukan sebelum Misa di beberapa tiga titik, di ruangan keuskupan, basement, dan aula. Kita tetap himbau jemaat menggunakan masker. Untuk ibadah Misa empat kali. Kemarin satu kali, hari ini ada tiga kali yakni pukul 08.30 Wita, 11.00 Wita Misa bahasa Inggris dan terakhir pukul 17.00 Wita," sebut Audi.

  Dari data gereja yang tersebar di Kota Makassar tercatat sebanyak 158 unit, dan 20 gereja di antaranya adalah prioritas dengan jumlah jemaat cukup banyak sehingga ditempatkan puluh orang personil gabungan dibantu tim Gegana Korps Brimob Polda Sulsel

 
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (tengah) bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah memantau pelaksanaan malam Misa Natal di Gereja Immanuel Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (24/12/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pemkot Makassar)

 
  Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Forkopimda Sulsel dan Kota Makassar sebelumnya memantau Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, Pos Terpadu, Gereja serta Monitoring Situasi Kamtibmas pada perayaan malam Natal 2023 di Makassar, Ahad (24/12) malam.

  Pantauan tersebut di dua gereja yakni Gereja Immanuel Makassar atau dikenal dengan GPIB Immanuel di Jalan Balai Kota dan Gereja Katolik St. Perawan Maria Diangkat Ke Surga, di Jalan Tupai, Mamajang.

  Di dua gereja, tersebut, rombongan disambut hangat jemaat. Para jemaat bersukacita dikunjungi pejabat daerah beserta jajarannya dalam momentum Natal tahun ini. Situasi malam Natal terpantau kondusif dan jemaat gereja beribadah dengan khidmat.

  Danny Pomanto berharap, perayaan Natal 2023 membawa kedamaian dengan harapan makin memupuk persatuan serta saling bahu membahu bersama membangun Kota Makassar.

  "Kita berharap pelaksanaan ibadah Natal di Kota Makassar berlangsung aman, damai penuh kasih sehingga umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan khidmat dan penuh sukacita,” kata Danny.

  Melalui momentum natal tahun ini, harapannya makin memperkuat keimanan umat sejalan dengan program Pemkot Makassar Perkuatan Keimanan Umat. Hal itu sebagai langkah menjaga generasi muda Makassar terhindar dari problem sosial atau kesehatan mental.

  Sementara itu Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyatakan pemantauan ini bertujuan memastikan bahwa penyelenggaraan dan perayaan Natal berlangsung aman dan damai. Ia pun menyampaikan selamat Natal bagi umat Kristiani serta mengajak seluruh elemen masyarakat menyongsong tahun baru 2024 aman, damai.

  "Kita ucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa bahwa kita semua di Sulsel rukun, damai dan sama-sama menjaga daerah ini," papar Bahtiar.*

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023