dua rute di Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dalam daftar rute sibuk di dunia itu adalah Jakarta-Singapura dan Jakarta-Bali
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, telah melayani dua rute penerbangan sibuk di dunia sepanjang tahun 2023.

Plt Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Senin, menyampaikan bahwa berdasar laporan OAG Aviation Worldwide Limited, lembaga travel intelijen yang berbasis di London, dua rute di Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dalam daftar rute sibuk di dunia itu adalah Jakarta-Singapura dan Jakarta-Bali.

Rute Jakarta - Singapura menempati peringkat 6 dalam Top 10 Busiest Global International Flight Routes of 2023 dan Jakarta - Denpasar di peringkat 10 dalam Top 10 Busiest Global Domestic Flight Routes of 2023.

OAG Aviation Worldwide Limited mencatat jumlah kursi penumpang pesawat pada rute Jakarta - Singapura sepanjang tahun 2023 sebanyak 3,91 juta kursi, sementara rute Jakarta - Denpasar sebanyak 7,91 juta kursi.

"Berkat kolaborasi yang baik antara AP II dan seluruh 'stakeholder' yakni maskapai, AirNav Indonesia, ground handling, TNI, Polri, imigrasi, bea cukai, karantina serta didukung Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, Bandara Soekarno-Hatta mampu mengelola dengan baik pertumbuhan permintaan penerbangan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Menhub: Jumlah penumpang pesawat naik tanda sektor aviasi membaik

Baca juga: Bandara Juanda layani 230 ribu penumpang saat libur Natal


Ia mengungkapkan untuk rute Jakarta - Denpasar dan Jakarta - Singapura juga menjadi rute paling sibuk selama angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selama empat hari pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru, atau periode 18 Desember - 21 Desember 2023, jumlah penumpang di rute Jakarta - Denpasar mencapai 101.723 orang dan di rute Jakarta - Singapura sebanyak 60.181 orang.

"AP II bersama 'stakeholder' terus berupaya memastikan kelancaran operasional bandara, operasional penerbangan dan pelayanan kepada seluruh masyarakat pada periode angkutan Natal dan tahun baru ini. Aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan selalu menjadi fokus AP II termasuk dalam periode 'peak season' libur akhir tahun," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, OAG juga mencatat bahwa Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara sibuk di Asia Tenggara dengan jumlah kursi penerbangan mencapai 3,45 juta kursi. Sementara di posisi kedua ada Bandara Changi di Singapura dengan 3,42 juta kursi.

Pada Desember 2023 saja, rute domestik tersibuk di Bandara Soetta yang masuk dalam Top 10 Domestic Routes in South East Asia berdasarkan analisis OAG adalah Jakarta - Makassar, Jakarta - Denpasar, Jakarta - Medan, Jakarta - Surabaya dan Jakarta Pontianak.

Sementara itu rute internasional yang masuk dalam Top 10 International Routes in South East Asia adalah Jakarta - Singapura dan Jakarta - Kuala Lumpur.

Sementara itu, Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan lalu lintas penerbangan di bandara penerbangan itu mengalami peningkatan cukup tinggi pada akhir tahun ini.

"Bandara Soekarno-Hatta cukup sibuk pada akhir tahun untuk melayani perjalanan liburan masyarakat. Kami pastikan seluruh fasilitas siap mendukung dan melayani masyarakat selama berada di bandara. Kolaborasi juga terus dilakukan dengan seluruh 'stakeholder'," tuturnya.

Ia menjelaskan di Bandara Soetta, ada berbagai kegiatan yang disiapkan terminal untuk penumpang guna menghibur masyarakat yang melakukan perjalanan di periode angkutan Natal dan tahun baru.

"Kami ingin memberikan kesan yang baik kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta, untuk melengkapi liburan mereka bersama keluarga di akhir tahun ini," kata Dwi.

Baca juga: AirNav Bali proyeksikan lalu lintas penerbangan naik 20 persen 

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma tingkatkan ketepatan waktu penerbangan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023