Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. mengonfirmasikan dirinya batal berkampanye di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari ke-28 kampanye.

Walaupun demikian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut mengaku dalam kondisi sehat saat ini.

"Benar, tetapi saya sudah sehat. Tadi pukul 11.00 WIB saya sudah takziah (melayat) ke rumah Mas Darwis Darlis di Tegal Parang karena istrinya, Mbak Tri Woro Utami, meninggal dunia. Insyaallah, besok aktivitas lagi," kata Mahfud saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Sebelumnya, Staf Khusus Menko Polhukam Bidang Komunikasi Rizal Mustary mengatakan bahwa dokter menyarankan Mahfud untuk beristirahat sehingga tidak jadi berkampanye di NTB.

"Dokter menyarankan Pak Mahfud Md. untuk istirahat dahulu beberapa hari setelah menjalani kegiatan yang sangat padat dalam beberapa hari terakhir. Tadi pagi, beliau putuskan tidak jadi berangkat ke NTB. Akan tetapi, rombongan tetap berangkat dipimpin Pak TGB (Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi)," kata Rizal dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, "Tadi malam Pak Mahfud mengunjungi Gereja Katedral dan memberi ucapan selamat merayakan Natal bagi umat kristiani."

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md., TGB, mengonfirmasikan kondisi kesehatan Cawapres RI Mahfud Md.

"Beliau sehat, hanya memang TPN merekomendasikan agar beliau istirahat hari ini," kata TGB menjawab batalnya Mahfud berkampanye di NTB saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

TGB menjelaskan bahwa dirinya kemudian diminta mewakili Mahfud dalam kegiatan yang sudah diagendakan di NTB, salah satunya menghadiri acara Relawan Mahfud Guru Bangsa NTB di Hotel Grand Legi, Kota Mataram, NTB, pada pukul 09.00 WITA.

Dalam acara tersebut, Mahfud dijadwalkan untuk menyampaikan orasi serta visi dan misi mengenai urgensi kesejahteraan guru, penegakan hukum dan masa depan demokrasi Indonesia.

"Saya diminta beliau hadir mewakili. Namun, beliau juga tadi memberi sambutan via zoom," kata TGB.

Baca juga: TGB Zainul Majdi ceritakan jasa Mahfud untuk petani tembakau di NTB
Baca juga: TGB soal Mahfud batal ke NTB: TPN merekomendasikan beliau istirahat


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023