Sehingga total yang masuk ke Indonesia berjumlah 1.009 orang
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Atambua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mencatat sebanyak 1.757 pelintas batas melintas melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain jelang Natal 2023.

"Jumlah ini terjadi pada Sabtu H-2 Natal dimana jumlahnya mencapai 1.757 pelintas batas,” kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana D ketika dihubungi dari Kupang, Senin.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan perkembangan pelintas batas yang melalui PLBN Mota Ain, untuk merayakan Natal 2023 baik di wilayah Indonesia maupun di Timor Leste.

Dia merinci bahwa dari jumlah tersebut sebanyak 337 orang WNI keluar dari Indonesia menuju ke Timor Leste untuk merayakan Natal di negara yang pernah bergabung dengan Indonesia itu.

Sementara WNA yang kembali ke Timor Leste berjumlah sekitar 411 orang pelintas batas. Sehingga totalnya yang keluar dari Indonesia berjumlah 748 orang.

Baca juga: Imigrasi Atambua prediksi ribuan orang lintasi Pos Mota Ain

Baca juga: Sapaan Jokowi tambah motivasi prajurit Satgas Pamtas RI-Timor Leste


Sementara itu WNI yang masuk ke Indonesia berjumlah 239 orang, sementara WNA yang masuk dan berlibur ke Indonesia berjumlah 770 orang.

“Sehingga total yang masuk ke Indonesia berjumlah 1.009 orang,” ucap dia.

Dia mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan pelintas batas negara pada hari Jumat (22/12) H-3 Natal, jumlahnya hanya mencapai 1.500-an pelintas saja.

“Tanggal 23 itu adalah puncak dari pelintas batas melintas di PLBN Mota Ain,” ujar dia.

Sementara pada Minggu (24/12) H-1 Natal jumlah pelintas batas mulai alami penurunan yakni mencapai 909 orang. Hal ini dikarenakan sudah banyak yang sudah melintas pada H-3 dan H-2 Natal.

Indra mengatakan bahwa untuk memperlancar proses pemeriksaan paspor pelintas batas pihaknya juga meningkatkan petugas di PLBN tersebut.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023