Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Arus pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera atau sebaliknya cenderung makin ramai di Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Jumat dibandingkan hari sebelumnya.

Petugas Posko Mudik Bakauheni, Putu Widyaatmaja di Bakauheni, Jumat, mengatakan jumlah penumpang mudik sudah meningkat dibanding saat normal, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan.

Ia menyebutkan total jumlah penumpang yang berangkat dari Bakauheni menuju Merak kemarin mencapai 30.134 orang yang terdiri atas pejalan kaki 2.269 orang, dan penumpang dalam kendaraan 27.865 orang.

Total kendaraan mencapai 5.234 unit yang terdiri atas 580 unit roda dua, 4.654 unit roda empat atau lebih dengan rincian 2.928 unit mobil pribadi, 459 unit bus, 1.267 unit truk.

Sementara itu jumlah kapal feri atau roll on roll off (ro-ro) yang beroperasi sebanyak 28 armada dengan 88 trip, 47 trip siang dan 41 trip malam.

Berdasarkan pemantauan di Pelabuhan Bakauheni pada Jumat siang, jumlah penumpang pejalan kaki, pengendara roda dua, roda empat bus juga mengalami peningkatan.

Peningkatan penumpang tersebut paling banyak berasal dari Pulau Jawa tujuan Sumatera yang tiba di Pelabuhan Bakauheni. Sementara dari arah Bakauheni-Merak jumlahnya lebih sedikit meski sudah menunjukkan peningkatan.

Pewarta: Hisar Sitanggang
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013