Jakarta (ANTARA) - Produk riasan biasanya memiliki masa batas pakai atau kedaluwarsa kendati mungkin label masa pakai ini tak semudah ditemukan pada produk makanan dan obat-obatan yang dijual bebas.

“Jika produk riasan berubah warna atau berbau tidak sedap, kemungkinan sudah kedaluwarsa dan sebaiknya tidak digunakan,” kata pakar dermatologi di New York City Marisa Garshick, MD, FAAD seperti disiarkan Livestrong, Sabtu (23/12).

Perubahan tekstur seperti pemisahan dan perubahan konsistensi juga dapat menjadi tanda produk sudah kedaluwarsa atau melewati batas masa pakai.

Baca juga: Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa

Menurut Cleveland Clinic, tanggal kedaluwarsa produk riasan bervariasi, namun, umumnya bertahan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun. Produk krim atau cair cenderung lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan yang kering atau bubuk.

Lalu, apa risiko menggunakan produk riasan kedaluwarsa?

1. Iritasi dan infeksi

Garshick mengatakan ketika produk telah kedaluwarsa, bahan pengawet yang digunakan untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan mungkin tidak lagi efektif.

"Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti infeksi, iritasi dan jerawat," kata dia.

Produk riasan kadaluwarsa adalah tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, terutama produk yang bersentuhan dengan kulit, seperti concealer.

Baca juga: Cara mengetahui tanda kedaluwarsa produk perawatan kulit

Pertumbuhan bakteri yang cepat serta penumpukan kelembapan yang mengundang jamur dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Peradangan kulit juga bisa menyertai iritasi yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik kedaluwarsa.

Risiko lainnya yakni infeksi kulit. Dermatolog dari Schweiger Dermatology Group, Philadelphia, Michele Farber, MD, FAAD, menuturkan kosmetik berbahan dasar air seperti alas bedak dapat menjadi media bagi bakteri untuk tumbuh.

Produk yang kedaluwarsa dapat menyebabkan infeksi kulit seperti folikulitis, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Baca juga: Ini yang bisa terjadi kalau pakai tabir surya kedaluwarsa

Infeksi mata juga dapat terjadi karena banyak produk riasan yang digunakan di sekitar area mata seperti maskara dan eyeliner. Menggunakan produk riasan mata yang kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko infeksi mata seperti mata merah.

Meskipun beberapa kasus mata merah dapat hilang dengan sendirinya, antibiotik atau salep mungkin diperlukan, menurut Stanford Health Care.

2. Reaksi alergi

Jika seseorang rentan terhadap reaksi alergi, maka penting untuk mengetahui masa pakai riasannya. Dokter spesialis kulit di New York City Brendan Camp, MD, mengatakan seiring waktu komposisi kimia riasan dapat berubah dan hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam atau dermatitis kontak.

“Reaksi alergi mungkin muncul dengan kemerahan, gatal, bengkak atau bercak bersisik,” kata dia.

3. Jerawat

Bakteri adalah penyebab umum jerawat. Ketika bakteri tumbuh pada riasan lama, hal itu dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat.

Bakteri penyebab jerawat dapat menempel pada riasan sehingga memperburuk keadaan. Setelah seseorang berhenti menggunakan riasan yang mengandung bakteri, jerawat mungkin akan hilang.

Baca juga: Rambut kotor berdampak pada kesehatan kulit hingga infeksi

4. Bintit

Menggunakan produk riasan mata seperti eyeshadow, maskara, dan eyeliner dapat menyebabkan masalah mata jika produk tersebut sudah kedaluwarsa.

“Jika digunakan di sekitar mata, produk riasan kedaluwarsa juga dapat menyebabkan bintit,” kata Garshick.

Untuk mencegah infeksi mata seperti mata merah dan bintit di sekitar mata, penting untuk mengganti riasan mata secara teratur. Karena alasan itu, riasan mata lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan produk lainnya.

Efek samping apapun dari penggunaan produk riasan kedaluwarsa memerlukan petunjuk dokter.

“Jika iritasi atau sensitivitas kulit terjadi setelah menggunakan suatu produk, disarankan untuk meminta nasihat dari dokter kulit bersertifikat yang dapat membantu Anda menentukan penyebabnya dan meresepkan pengobatan yang tepat,” kata Camp.

Baca juga: Amankah produk kosmetik masih digunakan setelah kedaluwarsa?

Baca juga: Rekosistem bantu kelola limbah kosmetik kedaluwarsa

Baca juga: Sering salah, begini cara hitung masa kedaluwarsa produk kecantikan

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023