Alat peraga yang dibawa oleh Anies itu merupakan papan yang tidak terlalu besar, berisi tulisan serta ilustrasi terkait berbagai program. Papan itu pun diperlihatkan kepada warga sambil memaparkan janji-janji programnya jika terpilih menjadi presiden
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan akhir-akhir ini kerap membawa alat peraga untuk memperkenalkan programnya saat berkampanye kepada warga di sejumlah daerah.
 
Alat peraga itu juga dibawa oleh Anies ketika berkampanye di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa. Dalam kesempatan itu, dia menemui sejumlah pedagang di Pasar Flamboyan sambil menawarkan program bantuan pedagang.
 
"Kami ada program untuk pasar, jadi program ini adalah memberikan bantuan, dukungan kepada pedagang pasar," kata Anies.
 
Alat peraga yang dibawa oleh Anies itu merupakan papan yang tidak terlalu besar, berisi tulisan serta ilustrasi terkait berbagai program. Papan itu pun diperlihatkan kepada warga sambil memaparkan janji-janji programnya jika terpilih menjadi presiden.
 
Selain di Pontianak, Anies juga turut membawa alat peraga tersebut ketika berkampanye di sejumlah titik di Jawa Tengah, di antaranya ketika berdialog dengan petani di Pekalongan, dan ketika berdialog dengan petani bawang di Brebes.

Baca juga: Anies siap wujudkan kampung bebas kumuh
Baca juga: Ganjar sebut contoh kreatif gaet milenial itu ada di 'Kota Jamu'

 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sempat membawa alat peraga ketika berdialog dengan pelaku usaha kuliner di Indramayu, Jawa Barat. Saat itu, dia menawarkan program Tol Berkeadilan yang ditunjukkan dengan papan alat peraga.
 
Istri dari Anies yakni Fery Farhati juga beberapa kali ikut mendampingi kampanye Anies dan membantu memegang alat peraga tersebut. Namun alat peraga itu hanya dibawa Anies ketika berdialog dengan warga, sedangkan untuk acara resmi, dia tidak membawa alat tersebut.
 
Adapun sejauh ini program yang ditampilkan Anies melalui alat peraga itu di antaranya, program Tol Berkadilan, Infrastuktur Adil, Pupuk Subsidi, Jaminan Pembelian Panen, Bantuan untuk Pedagang Pasar, Bansos Plus, hingga program Pengelolaan Kampung.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Capres Anies gaungkan Bansos Plus di Pasar Flamboyan Pontianak
Baca juga: TKN Fanta: Generasi muda memiliki tanggung jawab merawat kebudayaan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023