Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyediakan ambulans dan posko pelayanan kesehatan di dekat sebelas panggung penyelenggaraan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024.
 
"Kami menyediakan pelayanan kesehatan apabila diperlukan. Jadi di sebelas panggung yang disiapkan pada Malam Muda Mudi Kota Global di-'support' dengan ambulans dan posko kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Setiap posko kesehatan akan ada dokter dan perawat yang bersiaga untuk memberikan pelayanan ketika dibutuhkan selama perayaan tahun baru.
 
Dinkes DKI Jakarta menugaskan sekitar 81-88 personel untuk berjaga di ambulans yang tersebar di beberapa lokasi. Mobil ambulans yang disediakan sebanyak 16 unit.

Lalu Unit Reaksi Cepat (URC) dalam bentuk sepeda motor agar memudahkan mobilitas ketika ramai sebanyak 15 unit dan Jak Speed dalam bentuk sepeda dan skuter dua unit.

Baca juga: Ini rangkaian malam Tahun Baru 2024, dari Jakarnaval hingga drone show
 
Dinkes DKI Jakarta juga menyediakan rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.

Selain itu Rumah Sakit (RS) Pelni, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, RSUD Tanah Abang dan RSUD Kebayoran Baru.
 
"Semuanya sudah siap untuk menerima rujukan apabila ada kondisi-kondisi darurat," kata Ani yang mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan (prokes).

Dia juga mengingatkan masyarakat yang berkegiatan di luar rumah dalam kondisi sehat. Jika dalam kondisi tidak sehat segera periksa ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.
 
Jika harus tetap beraktivitas di luar maka diimbau menggunakan masker. "Masyarakat diimbau untuk melengkapi vaksin COVID-19 hingga dosis keempat," ujar Ani.

Pengunjung yang datang ke malam perayaan Tahun Baru 2024 di Jalan Sudirman-Thamrin dapat mencari tenda dan petugas kesehatan dengan balon merah jika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Dishub DKI lakukan rekayasa lalu lintas saat malam Tahun Baru 2024
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga "drone show" (penampilan drone).
 
Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.
 
Adapun 11 lokasi panggung Festival Malam Tahun Baru 2024 di Jalan Sudirman-Thamrin, yaitu:
 
1. Jalan Thamrin
- Panggung Gemilang Silang Monas
- Panggung Jakarnaval di Pintu Barat Daya Monas
- Panggung Jakarnaval di depan Bank Indonesia
- Panggung Sarinah
- Panggung Utama di Bundaran HI
 
2. Jalan Sudirman
- Panggung Sinergi BUMD di Panggung Dean UOB
- Panggung ORIX
- Panggung Sekitar Mid Plaza
- Panggung Depan Mori Tower
- Panggung Pintu 7 Senayan
- Panggung di dekat FX
​​​​​​​

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023