Banda Aceh (ANTARA) - Ulama Aceh Tgk Mustafa Sarong atau Walidi meminta Prabowo Subianto menjaga perdamaian Aceh yang telah diwujudkan saat era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), jika nanti terpilih sebagai Presiden RI pada Pilpres 2024.

"Perdamaian jangan putus di tengah jalan, siapa yang melanjutkan atau jika Pak Prabowo jadi Presiden 2024, tolong dijaga, itu harapan kami ulama dan rakyat Aceh," kata Walidi di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan dalam kegiatan silaturahmi SBY dengan ulama Aceh yang turut dihadiri Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di Banda Aceh.

Baca juga: Prabowo ke Aceh pada hari ke-28 kampanye

Apabila Prabowo nantinya terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024, ia berharap kondisi Aceh tetap selalu aman, nyaman, damai, dan tenteram.

Mewakili para ulama, Walidi mengucapkan terima kasih kepada SBY yang memberikan perhatian sejak menjabat menko polhukam, presiden hingga pensiun, masih terus memikirkan rakyat Aceh.

"Semoga ikhtiar bapak yang terbaik akan tumbuh menjadi nilai yang baik bagi generasi Aceh. Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan untuk Aceh, tidak putus di tengah jalan," ujarnya.

Kemudian, ia kembali meminta Prabowo ketika pada 2024 nanti terpilih menjadi presiden terus menjalankan kebaikan yang sudah dicetuskan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau bapak (Prabowo) jadi penguasa di negeri ini, tolong perhatikan rakyat Aceh, mudahan-mudahan ke depan lebih makmur," kata Walidi.

Baca juga: SBY ziarah ke korban tsunami Aceh di kuburan massal Siron

Menanggapi itu, Prabowo dalam sambutannya menegaskan bahwa setiap hari dirinya berpikir bagaimana bisa membalas budi kepada rakyat Aceh.

Ia menuturkan bahwa perdamaian bukan hadiah, ibarat buah yang jatuh dari pohonnya. Perdamaian diraih atas usaha yang sangat sulit dan memerlukan jiwa besar serta kearifan.

"Itu telah dilakukan Pak SBY dan tokoh Indonesia, ulama Aceh dan intelektual Aceh, sehingga kita bisa mengatasi sesuatu yang tidak ringan," ujarnya.

Sekarang, tambah Prabowo, membangkitkan kembali Aceh, perdamaian Aceh, sehingga bisa mencapai potensi esensial dari keluarga besar NKRI.

"Kita terus memperhatikan kepentingan rakyat Aceh sehingga Aceh akan terus damai, aman, makmur bersama seluruh bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Baca juga: Ulama Aceh haramkan golput dalam Pemilu 2024
Baca juga: Pj Gubernur ajak ulama bersinergi bangun Aceh yang lebih maju

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023