Arus dari Tasikmalaya menuju Bandung normal lancar dari arah Bandung ke arah Tasikmalaya sudah mulai ada peningkatan
Tasikmalaya (ANTARA News) - Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai ramai dilalui pemudik Lebaran 2013 menggunakan kendaraan roda dua dan empat dari arah Bandung menuju Jawa Tengah, Jumat siang.

Kepala Pos Pantau Kadipaten, AKP Syamsudaya mengatakan jalur Gentong perbatasan Kabupaten Garut-Tasikmalaya menuju Tasikmalaya mulai menunjukan peningkatan arus kendaraan.

Sementara arus kendaraan dari Tasikmalaya menuju Bandung, kata dia, normal lancar seperti hari-hari biasa.

"Arus dari Tasikmalaya menuju Bandung normal lancar dari arah Bandung ke arah Tasikmalaya sudah mulai ada peningkatan," katanya.

Ia menuturkan, H-6 Lebaran kendaraan yang terpantau didominasi kendaraan roda empat berplat nomor kendaraan dari sejumlah kota besar.

Sementara pemudik menggunakan kendaraan roda dua, kata dia, terpantau beberapa kelompok kecil melakukan konvoi berboncengan sambil membawa sejumlah barang.

"Peningkatan volume kendaraan ini sudah mulai terlihat lebih banyak dari hari kemarin (Kamis)," kata Syamsudaya.

Jalur Gentong dari arah Bandung menuju Tasikmalaya terdapat medan jalan turunan dan banyak tikungan tajam. Juga terdapat tebing dan jurang dengan kondisi jalan cukup sempit, bahkan kendaraan bus yang akan melewati tikungan harus berhenti bergantian dengan bus lainnya dari arah berlawanan.

"Dihimbau pemudik yang akan lewat Gentong untuk hati-hati dan waspada, karena terdapat tikungan tajam dan turunan," kata Syamsudaya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013