...Tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai di bandara-bandara AP II di atas 70 persen ....
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan tetap menjaga aspek operasional dan pelayanan di tengah periode sibuk angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Di tengah periode sibuk, operasional dan pelayanan tetap terjaga. Tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai di bandara-bandara AP II di atas 70 persen dan tingkat keterisian penumpang atau load factor untuk setiap penerbangan rata-rata mencapai 81 persen," kata Plt Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose di Jakarta, Selasa.

Sepanjang delapan hari pelaksanaan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau pada 18-25 Desember 2023, pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola AP II mencapai 1,99 juta orang atau meningkat sekitar 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,78 juta orang.

Baca juga: Bandara Soekarbo-Hatta layani dua rute penerbangan sibuk di dunia

Sementara itu pergerakan pesawat tercatat 14.120 penerbangan atau naik 2 persen dari sebelumnya 13.777 penerbangan.

Wendo mengatakan operasional dan pelayanan di bandara berjalan dengan baik pada masa sibuk akhir 2023 ini.

"Berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh pihak, bandara-bandara AP II mampu melayani perjalanan masyarakat selama libur Natal dan tahun baru. Dalam delapan hari pelaksanaan angkutan Natal dan tahun baru, bandara-bandara AP II secara kumulatif telah melayani nyaris 2 juta orang penumpang pesawat, tepatnya 1,99 juta orang," ungkapnya.

Baca juga: AP II: Tiket pesawat di Bengkulu hingga 24 Desember 2023 habis terjual

Ia juga mengatakan puncak arus keberangkatan pertama, yakni pada Jumat (22/12) juga dapat ditangani dengan baik di seluruh bandara AP II.

"Pada puncak arus keberangkatan 22 Desember, pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mendekati 290.000 orang," kata Wendo.

AP II juga mengklaim telah menangani dengan baik terhadap kondisi irregular seperti Bandara Minangkabau di Sumatera Barat yang sempat ditutup sebagai dampak dari erupsi Gunung Marapi.

"AP II berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan juga masyarakat atas dukungannya sehingga operasional dan layanan di bandara-bandara AP II dapat berjalan dengan baik pada periode angkutan Natal dan tahun baru ini," kata Wendo.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (24/12). Menhub mengaku gembira melihat produktivitas penerbangan yang meningkat di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar masuk dari Soekarno-Hatta meningkat," ucap Menhub.

Baca juga: AP II resmi operasikan posko terpadu Natal-tahun baru

Wendo mengatakan di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang pada 18-25 Desember 2023 mencapai 1,28 juta orang atau meningkat 16 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2022.

"Sementara itu pergerakan pesawat sebanyak 8.490 penerbangan atau naik 8 persen. Untuk angkutan kargo, Bandara Soekarno-Hatta pada delapan hari pelaksanaan angkutan Natal dan tahun baru ini melayani volume angkutan kargo sebanyak 12,92 juta kilogram atau naik 8 persen," kata Wendo.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023