Jakarta (ANTARA) - Tim nasional senior Indonesia menyantap menu latihan penguatan fisik di pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Antalya, Turki, Selasa.

Dalam keterangan resmi PSSI, pelatih fisik timnas Indonesia, Shin Sang-gyu mengatakan ada beberapa jenis latihan untuk gym yang dijalani oleh Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. "Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna. Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan kekuatanya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang," kata pelatih fisik Shin Sang-gyu.

Menurut Shin Sang-gyu saat ini stamina dari para pemain timnas Indonesia masih sangat kurang. Namun menurutnya para pemain mempunyai potensi stamina yang baik dan dapat ditingkatkan jika menjalani latihan gym terus menerus.

"Saat ini stamina mereka sangat kurang, penguatan ini sangat penting. Tetapi pemain punya potensi baik, maka dari itu kami latihan gym terus menerus," sambungnya.

Sementara itu, bagi pemain seperti Yakob Sayuri, dia dan teman-teman terus semangat menjalani latihan dan dia sudah siap menatap Piala Asia nanti.

"Latihan pagi ini fokus core, untuk penguatan perut, antusias teman-teman hari ini sangat semangat untuk menjalani latihan. Kondisi saya sangat baik setelah bergabung di TC dengan latihan yang diberikan oleh head coach, sangat siap untuk menghadapi Piala Asia nanti," kata Yakob Sayuri.

Meski begitu, Yakob menyatakan menemui kendala dalam beradaptasi dengan cuaca di Turki, tapi lama kelamaan pemain PSM Makassar tersebut bisa menyesuaikan dengan baik.

"Kalau kendala, mungkin adaptasi cuaca, di Indonesia panas, di sini dingin, namun saya bisa mulai bisa menyesuaikan dengan baik," tutup Yakob Sayuri.

Baca juga: Timnas Indonesia tingkatkan intensitas latihan hari kedua TC di Turki
Baca juga: Klok: TC di Turki sangat penting agar mampu bersaing di Piala Asia


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023