Ini (jalur Gentong) sudah layak dipakai, malam ini akan ada proses tambahan pemasangan rambu-rambu
Tasikmalaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, secara resmi membuka jalur alternatif Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, untuk mengatasi kemacetan di jalur selatan tersebut.

"Desakan masyarakat cukup kuat untuk sekarang kita buka, dan Kementerian PU dan Perhubungan mempersilahkan saja Gubernur membukanya, berarti hari ini sudah dibuka," kata Gubernur di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan, berdasarkan hasil kajian Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan jalur Lingkar Gentong sudah layak dilalui kendaraan.

Pihak Kementerian, kata Gubernur, sudah memastikan kondisi jalan dan seluruh penunjang jalur tersebut sudah memadai untuk digunakan saat arus mudik atau balik hari raya Lebaran.

"Ini (jalur Gentong) sudah layak dipakai, malam ini akan ada proses tambahan pemasangan rambu-rambu," kata Heryawan.

Ia menjelaskan, pemasangan sejumlah rambu tambahan itu di antaranya 18 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menggunakan tenaga surya serta rambu-rambu lainnya seperti imbauan untuk para pengguna jalan.

"Untuk lebih lanjutnya diserahkan kepada kepolisian yang berkewenangan untuk mengaturnya," kata Gubernur.

Menurut dia, jalur Lingkar Gentong pada arus mudik tidak terlalu banyak dilalui kendaraan, karena sebagian besar arus kendaraan datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Sementara jalur Gentong, kata Heryawan, digunakan untuk satu arah arus kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung yang volume kendaraannya tidak terlalu banyak pada arus mudik.

"Nanti arus balik yang banyak lewat sini (Gentong) jadi sekarang pas kalau dibuka arus mudik, karena nanti saat arus balik kondisi jalan lebih bagus," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013