Keberangkatan kapal ditunda karena ada peringatan cuaca ekstrem dari BMKG di perairan Kepri.
Tanjungpinang (ANTARA) - PT Pelni menunda keberangkatan kapal KM Sabuk Nusantara 48 rute Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) akibat cuaca ekstrem.

"Keberangkatan kapal ditunda karena ada peringatan cuaca ekstrem dari BMKG di perairan Kepri," kata Kepala Urusan Operasional PT Pelni Cabang Tanjungpinang Suharto, Selasa.

Suharto menyebut sejatinya KM Sabuk Nusantara 48 dijadwalkan berangkat dari Tanjungpinang ke Tambelan pada Senin (25/12), namun terpaksa ditunda hingga Rabu (27/12).

Pihaknya tak mau mengambil risiko tetap memberangkatkan kapal di tengah cuaca ekstrem, karena khawatir membahayakan keamanan dan keselamatan pelayaran.

"Mudah-mudahan besok cuaca membaik, sehingga kapal bisa berangkat," ujar Suharto.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Tanjungpinang Topan Wisnu Chandra menyampaikan penundaan keberangkatan KM Sabuk Nusantara 48 ini disebabkan gelombang laut tinggi. Bahkan di perairan Natuna dan Anambas, ketinggian gelombang mencapai tujuh meter.

Apalagi rute pelayaran dari Tanjungpinang menuju Tambelan menempuh laut lepas, dengan rute perjalanan sekitar 20 jam.

"Kami pastikan terus berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca terbaru. Kalau memang ekstrem, keberangkatan kapal antarpulau akan ditunda sampai cuaca membaik," ujar Topan.

Topan menambahkan jumlah penumpang Pelabuhan SBP Tanjungpinang selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi melonjak 17 persen dibanding tahun sebelumnya.

Lonjakan penumpang, katanya pula, terjadi pada H-2 perayaan natal atau tanggal 23 Desember 2023. Pada hari tersebut, jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang mencapai 5.685 orang, sementara yang berangkat 4.927 orang.

Angka itu meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni sebanyak 3.629 orang tiba dan 3.975 orang berangkat.

"Sejauh ini arus penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang masih berjalan normal dan lancar," ujarnya lagi.
Baca juga: Pelni kembali layani penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang
Baca juga: Pelni tambah kapal penumpang Natal dan tahun baru rute Tanjungpinang

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023