Jakarta (ANTARA) - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menilai Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa, terutama setelah Provinsi Aceh diterjang bencana tsunami pada tahun 2004.

Bagi Prabowo, penanggulangan dan pemulihan pascabencana di Aceh saat itu menjadi ujian berat bagi pemerintahan Presiden SBY dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang saat itu keduanya baru memimpin kurang lebih dua bulan.

"Kami bersyukur, Aceh bisa bangkit dari tragedi tsunami. Dari situ, kepemimpinan luar biasa Pak SBY, yang saya kira itu belum sampai dua bulan sudah dihadapkan krisis luar biasa, krisis dunia; tetapi alhamdulillah beliau bisa memimpin suatu pekerjaan, luar biasa," kata Prabowo dalam acara silaturahim bersama tokoh dan ulama Aceh di Banda Aceh, Aceh, Selasa.
​​​​​​​
Dalam silaturahim itu, SBY bersama putra sulungnya yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut hadir untuk bersama-sama mengenang 19 tahun peristiwa tsunami di Aceh.

Prabowo menyampaikan di balik musibah itu ada satu pesan yang dapat direnungkan bersama, yaitu pentingnya untuk bersatu terutama saat menghadapi masa-masa sulit.
​​​​​​​
"Musibah itu menunjukkan kepada kita sekalian bahwa apabila kita bersatu, apabila kita bekerja keras bersama, kita dapat menghadapi dan mengatasi kesulitan yang sangat besar dan dapat kita atasi, kita perbaiki, kita rehabilitasi, kita rekonstruksi untuk menghadapi masa depan yang lebih baik," tegas Prabowo.
​​​​​​​
Di hadapan para tokoh masyarakat dan ulama Aceh, Prabowo menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan. Menurut dia, Indonesia merupakan negara besar yang diberkahi banyak sumber daya alam (SDA), sehingga rentan untuk dipecah belah.
​​​​​​​
"Mari kita berbuat untuk bangsa kita, jangan mau diadu domba lagi, jangan mau dihasut, jangan mau menjelek-jelekan. Hadapi dengan baik, hadapi dengan optimisme, hadapi dengan rasa percaya diri. Indonesia akan menjadi negara hebat, negara makmur," kata Prabowo.
​​​​​​​
Prabowo Subianto, yang masih aktif menjabat sebagai menteri pertahanan RI, memanfaatkan hari cuti bersama Natal 2023, Selasa, dengan berkeliling ke beberapa lokasi di Banda Aceh.
​​​​​​​
Usai bersilaturahim serta mendengar aspirasi para ulama dan tokoh masyarakat Aceh, Prabowo bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid Raya Baiturrahman.
​​​​​​​
Prabowo juga menyempatkan diri menjajal kopi Aceh di Kedai MZ Coffee, Banda Aceh, bersama SBY dan AHY. Di kedai kopi itu, Prabowo berbincang-bincang bersama warga dan relawan.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
​​​​​​​Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023