Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo meminta pendukungnya tetap tenang dan menjalankan demokrasi dengan baik terkait munculnya slogan "Solo bukan Gibran".

"Sudahlah, sudahlah, mari kita menghadapi demokrasi ini dengan baik, sejuk, tenang-tenang saja, baik-baik semua," kata Prabowo saat jumpa pers usai menghadiri acara silaturahmi dan doa bersama ulama dan tokoh masyarkat di Banda Aceh, Aceh, Selasa.

Prabowo sendiri tidak memberikan tanggapan lebih jauh soal slogan tersebut. Dia hanya berharap slogan tersebut tidak menimbulkan gejolak yang berujung perselisihan antarpendukung.

Sebelumnya, beredar potongan video pendek di media sosial yang memperlihatkan peserta Apel Siaga Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan di Taman Sunan Jogo Kali, Surakarta, Minggu (26/12) tampak meneriakkan slogan “Solo Bukan Gibran”. Apel tersebut turut dihadiri oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Adapun Prabowo memanfaatkan cuti bersama Hari Raya Natal 2023 untuk bertemu ulama dan tokoh masyarakat di Aceh.

Ketua Umum Partai Gerindra itu bertolak ke Aceh dari Jakarta pada Selasa pagi kemudian dia langsung bertemu dengan ulama serta tokoh masyarakat Aceh di Banda Aceh bersama Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam acara itu, Prabowo, SBY, dan tokoh masyarakat Aceh bersilaturahmi sekaligus mengenang tragedi Tsunami Aceh 19 tahun yang lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Hari kampanye ke-29, Prabowo di Aceh dan Gibran di Solo

Baca juga: Prabowo serahkan kasus penembakan relawan kepada polisi

Baca juga: Prabowo: Perlu langkah integralistik terkait penanganan Rohingya


Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023