Jakarta (ANTARA) - Liverpool merebut pucuk klasemen Liga Inggris dari Arsenal setelah menghantam tuan rumah Burnley dengan skor 2-0, pada pertandingan yang dimainkan di Turf Moor, Burnley, Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Pasukan Juergen Klopp kini mengoleksi total 42 poin dari 19 pertandingan, dan unggul dua poin dari Arsenal yang baru memainkan 18 pertandingan. Sedangkan bagi Burnley, kekalahan itu membuat mereka belum dapat beranjak dari posisi ke-19 dengan 11 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pertandingan ini menjadi semakin manis bagi penyerang Liverpool, Darwin Nunez. Ia mengakhiri puasa golnya di liga selama hampir dua bulan, saat membuka keunggulan The Reds melalui sepakannya memanfaatkan operan Cody Gakpo saat laga baru berusia enam menit.

Setelah mengawali permainan dengan mengagumkan, Liverpool kesulitan untuk memberikan ancaman nyata kepada Burnley. Gakpo semestinya dapat menambah keunggulan Liverpool, namun sepakannya justru melebar meski ia berada di posisi yang bagus.

Burnley bukan tanpa peluang, Josh Brownhill sempat memaksa kiper Alisson Becker melakukan penyelamatan melalui sepakan jarak jauhnya.

Liverpool kemudian mendapat peluang bagus, saat tembakan Harvey Elliot dapat digagalkan kiper James Trafford, sebelum penyelesaian Gakpo tidak disahkan akibat pelanggaran Nunez terhadap Charlie Taylor saat proses terjadinya gol.

Mohamed Salah hampir menggandakan keunggulan Liverpool saat tembakannya membentur mistar gawang dari umpan Joe Gomez. Peluang berikutnya dimiliki Wataru Endo, yang sepakan mendatarnya masih dapat ditahan kiper Trafford.

Harvey Elliot kemudian mencetak gol pada menit ke-55 dengan memanfaatkan umpan silang kiriman Ryan Gravenberch, namun gol itu tidak disahkan setelah tinjauan VAR memperlihatkan Salah berada dalam posisi offside.

Pada fase akhir pertandingan, Liverpool terlihat sedikit rapuh saat Johann Gudmundsson membuang peluang emas saat ia menanduk bola umpan silang Wilson Odebert. Upaya terakhir Burnley didapat saat Jacob Bruun Larsen melepaskan sepakan melebar.

Memasuki menit ke-90, Diogo Jota memberikan hantaman terakhir kepada tuan rumah. Ia menyelesaikan peluang dari sudut sempit di kotak penalti, untuk mengukir golnya yang ke-50 untuk Liverpool.

Baca juga: Bournemouth lanjutkan tren positif, Luton Town tekuk Sheffield United

Pada pertandingan lain yang dimainkan sebelumnya, Luton Town mencuri kemenangan 3-2 dari markas Sheffield United. Kemenangan itu belum mengubah posisi Luton di klasemen sementara, yakni posisi ke-18 dengan 15 poin. Sedangkan Sheffield masih berada di dasar klasemen dengan sembilan poin.

Luton membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui gol Alfie Doughty. Skor 1-0 tersebut bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Sheffield berbalik unggul. Oliver McBurnie menyamakan kedudukan pada menit ke-61 dengan memanfaatkan umpan James McAtee. Anel Ahmedhodzic kemudian mengemas gol perdananya untuk Sheffield pada menit ke-69, untuk membawa Sheffield berbalik memimpin 2-1.

Jack Robinson lantas melakukan kekeliruan pada menit ke-77, ketika ia menyundul bola dari umpan silang untuk masuk ke gawangnya sendiri. Skor imbang 2-2.

Luton kemudian membalikkan keadaan pada menit ke-81, saat bola terdefleksi Ben Slimane untuk melesak masuk ke gawang tuan rumah. Pertandingan pun usai dengan skor 3-2 bagi tim tamu.

Bournemouth berhasil naik ke paruh atas klasemen sementara, atau posisi kesepuluh, berkat kemenangan 3-0 atas tamunya Fulham. Sedangkan Fulham berada di posisi ke-13 dengan 21 poin.

Gol pertama Bournemouth tercipta pada menit ke-44. Diawali pergerakan Alex Scott yang melaju melewati barisan pertahanan Fulham, untuk kemudian mengirim bola yang diselesaikan dengan sempurna oleh Justin Kluivert.

Pelanggaran Joao Palhinha terhadap Antoine Semenyo di kotak terlarang pada menit ke-62, berbuntut hadiah penalti kepada Bournemouth. Dominik Solanke yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Bournemouth masih mendapatkan satu gol lagi pada menit ke-93, saat pemain pengganti Luis Sinisterra berhasil memanfaatkan umpan David Brooks untuk menutup pesta tuan rumah.

Baca juga: Woods ukir trigol saat Nottingham Forest hancurkan Newcastle 3-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023