Beijing (ANTARA) - China mengambil berbagai langkah guna memastikan negara itu mampu memenuhi target-target yang diuraikan dalam rencana lima tahun ke-14 untuk periode 2021-2025.

Zheng Shanjie, Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), Selasa (26/12), mengatakan China sudah menempuh setengah jalan dalam implementasi rencana tersebut dan meletakkan dasar kokoh untuk mengamankan awal kuat guna membangun negara sosialis modern di semua bidang.

Zheng mengatakan hal itu dalam sebuah laporan penilaian sementara yang disampaikan pada sesi yang sedang berlangsung di Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC), lembaga legislatif tertinggi di China.

Ke depannya, berbagai tantangan akan dihadapi, antara lain mekanisme jangka panjang yang belum sempurna untuk meningkatkan konsumsi penduduk, tingkat polutan dan emisi karbon yang tinggi, serta koeksistensi antara pasokan layanan publik yang kurang memadai dan pengalokasian sumber daya yang tidak optimal.

Untuk memenuhi target, China mengambil serangkaian langkah, seperti memperluas permintaan domestik, memastikan percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang stabil, serta memperdalam reformasi yang berorientasi pada pasar dan keterbukaan institusional, demikian menurut laporan tersebut.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023