Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (26/12) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.


1. Bawaslu: Pemanggilan Pj Gubernur Jateng tunggu pengumpulan bukti

Komisioner Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah Rofiuddin mengatakan bahwa pemanggilan Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana untuk klarifikasi terkait dugaan pelanggaran netralitas, masih menunggu pengumpulan bukti-bukti.

“Soal kemudian meminta klarifikasi atau memanggil Pj, kita masih menunggu hasil dari sisi yang kita kumpulkan dan belum diputuskan apakah perlu memanggil atau tidak karena hari ini kita masih melakukan proses penelusuran lebih lanjut,” katanya di Semarang, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.


2. Menag Yaqut imbau agama tak dijadikan candaan politik

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau agar sisi kultus dalam beragama tidak dijadikan sebagai sebuah lelucon ataupun guyonan di tengah meningkatnya hiruk pikuk politik menuju Pemilu 2024.

"Nah justru itu, sebenarnya guyonan soal agama itu kan sering dilakukan. Banyaklah kalau kita kalau browsing kita lihat di Youtube misalnya banyak orang menjadikan agama sebagai bahan guyonan. Saya kira sih kalau bisa dihindari, jangan gunakan agama sebagai guyonan," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas usai acara pengukuhan Relawan Moderasi Beragama dan Deklarasi Pemilu Damai di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (NTB) di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.


3. Ganjar tawarkan integritas dan antikorupsi kepada calon pemilihnya

Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menawarkan integritas dan sikap antikorupsi selama hampir 20 tahun bekerja di bidang legislatif hingga eksekutif kepada calon pemilihnya selama masa kampanye di Jawa Tengah.

"Integritas dan antikorupsi. Itu bukan prestasi tapi kebanggaan saya," kata Ganjar terkait prestasi yang ditawarkan kepada calon pemilih Indonesia yang ditanyakan ANTARA di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin.

Selengkapnya klik di sini.


4. KPU: Pemilih dapat ajukan pindah TPS H-7 pencoblosan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari memastikan masyarakat pemilih yang tinggal di tempat tidak sesuai dengan alamat di KTP-el tetap dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu Serentak 2024.

"Misalkan pemilih hari pemungutan suara itu tidak berada di alamat sebagaimana yang ada di daftar pemilih tetap (DPT), bisa milih tidak? Tetap bisa milih di TPS tujuan," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.


5. Prajurit TNI AL dan diaspora rayakan Natal di KRI Frans Kaisiepo

Prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Lebanon (UNIFIL) merayakan Natal bersama warga negara Indonesia di Beirut dan diaspora Indonesia di atas geladak KRI Frans Kaisiepo-368.

Dalam perayaan itu, para prajurit bersama WNI di Beirut dan diaspora Indonesia berdoa bersama, ramah tamah, berkaraoke, dan santap malam.

“Saya merasa haru dan bangga karena untuk pertama kalinya kita dapat merayakan Natal Bersama pada tahun 2023 ini di atas kapal perang kebanggaan kita bersama meskipun dalam situasi keamanan di Lebanon yang masih belum kondusif," ucap Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari saat acara (24/12) sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL di Jakarta, Senin (25/12).

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023