Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya membuka kembali lima gerai pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku dokumen penting berkendara itu, di Jakarta, Rabu.

Akun resmi Polda Metro Jaya, menjelaskan layanan itu beroperasi dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. 

Lima lokasi itu adalah 

1. Mal Grand Cakung, Jakarta Timur
 
2. Kampus Trilogi Kalibata, Jakarta Selatan
 
3.Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat
 
4. LTC Glodok, Jakarta Barat
 
5. Mal Citraland, Jakarta Barat
 
Pemohon harus membawa persyaratan dokumen saat mengurus perpanjangan SIM di Gerai SIM Keliling antara lain KTP dan SIM asli berikut fotokopi, formulir permohonan dan mengikuti tes kesehatan di lokasi gerai.

Pelayanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku, sedangkan pengajuan permohonan pembuatan SIM baru hanya bisa di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Mengenai biaya perpanjangan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Adapun untuk jenis SIM B, tidak bisa dilakukan perpanjangan masa berlaku pada layanan SIM Keliling, tapi harus diperpanjang di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) karena adanya perbedaan peruntukan dokumen.

Dokumen SIM B itu sendiri diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki berat lebih dari 3,5 ton.

Baca juga: Layanan SIM Keliling di Jakarta tutup saat libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023