Surabaya (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, Jawa Timur, memprogramkan mudik gratis bagi pekerja dengan target peserta sebanyak 3.000 orang.

"Kegiatan yang kami lakukan tiap tahun ini bertujuan menekan penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi mudik oleh pekerja sekaligus mengurangi angka kecelakaan. Kegiatan ini juga untuk membantu pekerja itu sendiri dan pemerintah dalam menjaga tingkat inflasi," kata Ketua Kadin Surabaya, Jamhadi di Surabaya, Jumat.

Ribuan pemudik itu akan diberangkatkan dengan menggunakan 60 bus yang sengaja disediakan oleh Kadin Surabaya.

Hingga sekarang baru 50 bus yang sudah terisi dan 10 bus lainnya dioperasikan sebagai armada cadangan.

"Kami masih membuka pendaftaran di kantor hingga Sabtu (3/8). Mereka yang mendaftar pada Sabtu, akan diberangkatkan dengan bus cadangan," ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 24 bus akan diberangkatkan pada 6 Agustus pukul 07.30 WIB dari lapangan SIER Rungkut.

"Bus tersebut akan mengantar para pemudik ke Jember, Jombang, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, dan Tuban," ucapnya.

Sementara 26 bus lainnya berangkat pada 7 Agustus 2013 pukul 08.30 WIB dari Kantor Perum Perhutani Margomulyo, dengan rute ke Malang, Blitar, Jember, Jombang, Mganjuk, Kediri, Tulungagung, Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, dan Tuban.

"Kami juga menyiapkan bingkisan berupa makanan dan minuman untuk bekal berbuka puasa," katanya.

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013