Jakarta (ANTARA) - Huawei baru saja meluncurkan Huawei nova 12 series dan dua di antaranya ialah Huawei nova 12 Ultra dan Huawei nova 12 Pro yang hadir dengan menawarkan konektivitas terhubung dengan satelit.

Koneksi dengan satelit itu mulai menjadi fitur yang ditawarkan di ponsel-ponsel kekinian sebagai salah satu sistem komunikasi yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi di saat-saat darurat.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut spesifikasi dari masing-masing ponsel dimulai dari Huawei nova 12 Ultra.

Huawei nova 12 Ultra hadir dengan layar LTPO OLED berukuran 6,76 inci dengan kecepatan refresh layar 1-120Hz yang artinya ponsel ini memiliki refresh rate yang adaptif.

Menariknya, layar ini dilindungi dengan Kunlun Glass dengan tampilan "pil" di bagian atas tengah untuk tempat dari dua kamera yaitu kamera ultrawide 60MP (100˚ FOV dan fokus otomatis) digabungkan dengan unit 8MP (2x zoom optik) untuk fitur portrait.

Baca juga: Xiaomi bersiap luncurkan ponsel Xiaomi 13T Pro

Panel belakang nova 12 Ultra dilapisi kulit imitasi dan memiliki emboss 3D merek Huawei dan nova.Pada desain belakang ini dilengkapi juga tempat untuk kamera utama berukuran 50 MP, kamera ultrawide 8 MP.

Secara lebih rinci, untuk kamera utama memiliki aperture variabel fisik F/1.4~4.0 dengan rangkaian filter warna RYYB, sedangkan unit ultrawide memiliki FOV 112˚

Nova 12 Ultra dijalankan dengan sistem operasi HarmonyOS 4 dan memiliki penyimpanan internal hingga 1TB. Huawei belum menyebutkan prosesor tersebut di situs resminya, namun diyakini ponsel pintar itu menggunakan Kirin 9000S.

Ponsel cerdas ini juga memiliki panggilan dan perpesanan satelit yang didukung oleh sistem pesan satelit Beidou dua arah, dan seluruh paket diisi dengan baterai 4.600 mAh yang menarik daya melalui port USB-C hingga 100W.

Keunggulan Huawei nova 12 Ultra lainnya termasuk pemindai sidik jari dalam layar, GPS dual-band, NFC, dan speaker stereo.

Selanjutnya untuk Huawei nova 12 Pro, secara umum spesifikasi mulai dari chip hingga fitur-fitur yang disematkan tidak ada perbedaan.

Baca juga: vivo kembangkan dua ponsel lipat baru S dan V Flip

Namun perbedaan mendasar dari keduanya ialah bobot yang lebih ringan pada Huawei nova 12 Pro. Ponsel pintar itu diketahui memiliki berat 198 gram sedangkan untuk versi Ultra memiliki bobot 201 gram.

Perbedaan lainnya ialah desain bagian belakang dengan tekstur kulit imitasi tidak tersedia, dan untuk pilihan warna dan penyimpanan lebih sedikit.

Untuk versi Pro hanya tersedia dalam dua warna yaitu warna Biru dan warna Abu Muda dengan penawaran memori penyimpanan hanya dua varian yaitu 256 GB dan 512 GB.

Sedangkan untuk versi Ultra terdiri atas tiga pilihan warna Biru, Abu Muda, dan Hitam dengan tawaran memori internal lebih besar yaitu 512 GB dan 1 TB.

Untuk Huawei nova 12 Pro dibanderol mulai dari 3.999 Yuan (Rp8,6 juta) dan 4.399 Yuan untuk varian 512 GB (Rp9,4 juta).

Lalu untuk Huawei nova 12 Ultra dipasarkan dengan harga mulai dari 4.699 Yuan (Rp10,1 juta) untuk varian 512 GB dan untuk varian 1 TB 5.499 Yuan (Rp11,4 juta). Demikian dilaporkan GSM Arena pada Selasa (26/12).

Baca juga: Ganti ponsel baru, jangan lupa hapus WiFi gawai lama

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023