Boyolali (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah telah melakukan tahapan sortir dan pelipatan surat suara untuk anggota DPRD provinsi untuk Pemilu 2024 di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten setempat.

Tahapan sortir dan pelipatan surat suara anggota DPRD Provinsi dilakukan mulai Selasa (26/12), hingga lima hari ke depan dengan melibatkan sebanyak 500 tenaga kerja warga setempat, kata Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti, di KPU Boyolali, Rabu.

"Kami untuk sortir dan pelipatan surat suara yang dilakukan di Gedung IPHI Boyolali itu, mendapat pengamanan dari pihak kepolisian polres setempat," kata Maya Yudayanti.

Dia mengatakan KPU melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 yang pertama kali dilakukan pada Selasa (26/12), dengan melibatkan petugas sebanyak 500 orang dari warga sekitar dan dengan target lima hari ke depan selesai.

Dia mengatakan, untuk penyortiran dan pelipatan pada hari pertama, belum ditemukan surat suara yang rusak. Dalam penyortiran ini setelah rampung dari surat suara provinsi kemudian dilanjutkan surat suara yang lainnya, yakni DPR RI.

Menurut dia, pada dalam penyortiran dan pelipatan surat suara pada hari pertama Selasa (26/12), memang agak lambat dan juga belum ditemukan surat suara yang rusak. Namun, pada hari kedua ini, diperkirakan bisa lebih cepat waktunya.

Dia mengatakan semua logistik pemilu 2024 sudah diterima oleh KPU Boyolali, tinggal surat suara Pilpres, surat suara DPRD Kabupaten dan juga DPD yang belum datang.

"Rencana surat suara Pilpres, DPRD Kabupaten, dan DPD datang di Boyolali pada awal Januari 2024," katanya.

Jumlah surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPR RI yang sudah datang di KPU Kabupaten Boyolali, masing-masing sebanyak 843.809 lembar yang dikemas dalam 1.688 dos atau sesuai kebutuhan Pemilu 2024.

KPU kemudian masih menunggu jadwal penerimaan surat suara untuk Presiden, DPD, dan DPRD Kabupaten. Untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPR RI sudah terpenuhi dan masih menunggu jadwal kedatangan untuk Presiden, DPD dan DPRD Kabupaten.

Baca juga: KPU klarifikasi surat suara di Taiwan dibagikan lebih awal
Baca juga: KPU Jakbar fokus pada GOR Kebon Jeruk untuk sortir-lipat surat suara
Baca juga: KPU Denpasar terima surat suara pemilihan presiden

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023