Pablo León de la Barra ditunjuk sebagai kurator UBS MAP Guggenheim Amerika Latin

NEW YORK, 2 Agustus 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Richard Armstrong, Direktur Solomon R. Guggenheim Museum and Foundation, hari ini mengumumkan penunjukkan kurator independen Pablo León de la Barra sebagai Kurator UBS MAP Guggenheim Amerika Latin. Dia merupakan kurator kedua yang terpilih untuk berpartisipasi dalam Prakarsa Seni Global UBS MAP Guggenheim, sebuah kolaborasi ambisius antara Museum Guggenheim dan UBS yang diluncurkan pada tahun lalu.

    

    Melalui prakarsa ini, Guggenheim berpartisipasi dalam upaya dukungan multi tahun terhadap jaringan seniman dan kurator dari tiga wilayah besar - Asia Selatan dan Tenggara, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika Utara - dalam sebuah program komprehensif yang melibatkan karesidenan kuratorial, pengakuisisian koleksi permanen Guggenheim, pameran pariwisata internasional, dan berbagai kegiatan pendidikan dan daring.
    
    Pablo León de la Barra akan menetap di New York selama dua tahun, dimana dia akan bekerjasama dengan staf kuratorial Guggenheim untuk mengidentifikasi berbagai karya seni terbaru karya sejumlah seniman Amerika Latin yang merefleksikan berbagai ide dan praktek kultural kontemporer paling signifikan di Amerika Latin. Sejumlah karya seni yang diseleksi oleh León de la Barra akan diikutsertakan pada koleksi Guggenheim dan akan menjadi dasar perencanaan pameran yang akan diselenggarakan di Museum Solomon R. Guggenheim pada tahun 2014 sebelum dipamerkan pada dua venue internasional.
    
    León de la Barra dinominasikan oleh lima pakar terkemuka di wilayah Amerika Latin: Magalí Ariola,  Kurator Fundación Jumex Ecatepec de Morelos, Meksiko; José Falconi Anggota Jurusan Sejarah Seni dan Arsitektur Universitas Harvard; Gabriela Rangel, Direktur Seni Visual dan Kepala Kurator Americas Society, New York; Ana Sokoloff, penasihat seni, ew York, dan Yolanda Wood Pujols, Direktur, Center for Caribbean Studies, Casa de las Américas, Havana.


Sekilas tentang León de la Barra

    Pablo León de la Barra, yang lahir di Mexico City pada tahun 1972, memperoleh gelar Ph.D Sejarah dan Teori-nya dari Asosiasi Arsitektur, London. Selama sepuluh tahun terakhir, dia telah melakukan kurasi dan kurasi bersama pada lebih dari selusin pameran. Di London, dia merupakan salah satu pendiri 24-7, kumpulan seniman dan kurator (2002-05), direktur artistik Galeri Blow de la Barra (2005-08), dan pendiri dan kurator bersama komunitas ruang seni galeri White Cubicle (2005-12). Dia juga pendiri Novo Museo Tropical, dan kurator Bienal Tropical yang pertama di San Juan, Puerto Rico (2011). León de la Barra kini menduduki komite penasihat Cisneros Fontanals Art Foundation, Miami, dan Fundación Luis Barragán, Meksiko. Pada tahun 2012, dia memperoleh Penghargaan Pariwisata Colección Patricia Phelps de Cisneros pertamanya untuk kawasan Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia. Untuk biografi selengkapnya, silakan kunjungi www.guggenheim.org/new-york/about/staff-profiles/curators/pablo-leon-de-la-barra.
   

Sekilas tentang Guggenheim Prakarsa Seni Global UBS MAP Guggenheim

    Prakarsa Seni Global UBS MAP Guggenheim, yang diluncurkan pada bulan April 2012, merupakan  kolaborasi multi tahun yang bertujuan untuk menstimulasi interaksi dialog dan kreativitas, baik secara regional maupun global, melalui karesidenan kuratorial, pemrograman umum dan daring, dan pengembangan koleksi. prakarsa ini dirancang untuk merefleksikan dan meningkatkan profil sejarah internasionalisme Solomon R. Guggenheim Foundation.

    
Situs: 

Situs UBS :

Media Sosial:

Untuk berita terbaru seputar Prakarsa Seni Global UBS MAP Guggenheim, ikuti #GuggUBSMAP di Twitter.

Untuk terjemahan siaran media dalam bahasa Arab, Portugis, China (traditional dan sederhana), Jerman, Spanyol, Basque, dan Italia, kunjungi: http://www.guggenheim.org/new-york/press-room/releases/5551-maplatinamericacurator 

        

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013