Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali mengungkapkan, pemain timnas Indonesia yang kedapatan makan mie instan di pemusatan latihan (TC) telah ditegur pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Zainudin Amali, yang saat ini tengah memantau pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia di Antalya, Turki, tersebut mengatakan bahwa semua makanan telah cukup disediakan oleh pihak hotel tempat tim Garuda menginap.

"Sudah diberi teguran oleh pelatih Shin Tae-yong kepada para pemain tersebut. Mereka mengaku hanya bercanda, karena makanan yang tersedia sudah lebih dari cukup disiapkan oleh pihak hotel tempat menginap Timnas," kata Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali saat dihubungi oleh pewarta, Rabu.

Baca juga: Timnas Indonesia santap menu latihan penguatan fisik di TC Turki

Sebelumnya, pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinan mengunggah video Witan Sulaeman sedang meracik mie instan di laman Instagram-nya. Potongan video tersebut memperlihatkan Witan Sulaeman sedang meracik mie instan ketika berada di kamar hotel.

Zainudin Amali menjelaskan bahwa para pemain timnas Indonesia tidak mengalami kendala soal adaptasi makanan selama menjalani pemusatan latihan. Zainudin yang menjabat sebagai Menpora tahun 2019-2023 tersebut mengatakan bahwa menu makanan di TC kali ini sudah memenuhi standar gizi atlet dan tersedia dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Indonesia masuk lima besar negara Asia yang naik poin di ranking FIFA

"Sama sekali tidak ada masalah, menu makanan sesuai standar gizi atlet semua tersedia dalam jumlah yang banyak. Saya juga kan ikut makan dengan mereka," ungkap Zainudin Amali.

Mengenai proses adaptasi cuaca dan kondisi pemusatan latihan, Zainudin mengatakan bahwa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tidak menemui kendala apapun dan fokus menyelesaikan menu latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong.

"Gak ada masalah (di pemusatan latihan), mereka berlatih dengan riang gembira," kata Zainudin.

Baca juga: STY konfirmasi Rafael, Ivar, dan Sandy akan bergabung TC pada Kamis
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023