Beijing (ANTARA) - Sebuah mega proyek pengalihan air sejauh ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 15 juta penduduk Beijing, kata otoritas air setempat pada Rabu (27/12).

Proyek Pengalihan Air Selatan ke Utara telah memindahkan lebih dari 9,3 miliar meter kubik air dari sungai-sungai di selatan negara itu ke ibu kota negara selama sembilan tahun terakhir, menurut Otoritas Air Beijing.

Beijing telah lama dilanda kelangkaan air dan sangat bergantung pada sumber air dari wilayah selatan.

Dari total air yang dialihkan, 6,3 miliar meter kubik air telah disuplai untuk keperluan rumah tangga penduduk Beijing selama beberapa tahun terakhir. Proyek ini juga telah mengisi kembali air untuk tujuan ekologis dan menghidupkan kembali banyak sungai dan danau, yang telah meningkatkan keanekaragaman hayati kota itu secara signifikan.

Proyek Pengalihan Air Selatan ke Utara memiliki tiga jalur. Jalur tengah, yang paling menonjol dari ketiga rute ini karena mengalirkan air ke ibu kota negara, dimulai dari Bendungan Danjiangkou dan melintasi provinsi Henan dan Hebei sebelum mencapai Beijing dan Tianjin. Jalur ini mulai memasok air pada 12 Desember 2014.

Rute timur telah mengalirkan air dari Provinsi Jiangsu, China timur, ke berbagai wilayah termasuk Tianjin dan Shandong. Jalur barat masih dalam tahap perencanaan.

Menurut data resmi, proyek ini telah mengalirkan lebih dari 67 miliar meter kubik air ke wilayah utara China yang gersang selama sembilan tahun terakhir.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023