Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyampaikan hasil rapat evaluasi debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersama tim pasangan calon presiden dan wakil presiden saat rapat pleno terbuka di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (28/12) besok.

Anggota KPU RI August Mellaz mengaku telah menampung semua aspirasi yang disampaikan oleh tim pasangan calon presiden dan wakil presiden. Kendati demikian, dia tak bisa menyampaikan hasilnya pada hari ini.

"Detailnya mungkin tidak saya sampaikan di sini, karena hasil pertemuan siang hingga sore ini besok akan kami bawa ke pleno karena ada manage meeting yang akan kami sampaikan," ujar Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Mellaz pun enggan menjelaskan lebih detail terkait hal itu. Menurutnya, semua dinamika yang ada di pelaksanaan debat kedua berjalan dengan lancar.

"Tadi disampaikan beberapa hal yang jelas secara prinsip dan substansi untuk alur dan segala macam tidak mengalami perubahan," jelasnya.

"Besok kami akan lanjutkan pertemuan dengan media penyelenggaranya tim tv poolnya, karena catatan-catatan evaluasi itu bisa, dua hal terkait substansi itu tidak mengalami perubahan tetapi juga yang kedua urusan teknikalitas," sambung Mellaz.

Ia tak mungkiri dalam dinamika yang sudah berjalan bagus itu ada beberapa evaluasi yang perlu diperhatikan. Hal ini guna menyiapkan debat ketiga lebih baik lagi.

Sebelumnya, KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Selepas debat pertama antar-capres pada hari Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
Baca juga: KPU antisipasi pertanyaan singkatan ala Gibran
Baca juga: KPU akan optimalkan peran moderator di debat ketiga Pilpres 2024
Baca juga: KPU: Ajakan Gibran bersorak akan dibahas di rapat pleno Kamis besok

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023