Garut (ANTARA News) - Kepolisian mencatat rata-rata 200 kendaraan bermotor pemudik melewati Kota Garut dari arah Bandung menuju Jawa Tengah pada Sabtu atau hari kelima menjelang Lebaran.

"Rata-rata 200 kendaraan roda dua dan empat dari arah barat masuk ke Garut dari jalur Kadungora-Leles," kata Kepala Polsek Leles, Kompol Supian, saat meninjau jalur mudik di Tutugan Leles, Garut.

Ia menuturkan, peningkatan volume kendaraan itu sudah sejak pagi pukul 09.00 WIB hingga menjelang sore, dan diprediksi kian meningkat hingga pada malam Lebaran.

Supian mengimbau pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan saat melintasi kawasan Tutugan Leles sebab terdapat tikungan tajam dan bekas pelebaran jalan yang belum selesai.

Pengguna jalan sebaiknya antre, tidak saling mendahului memasuki jalan raya Bandung-Garut yang memiliki badan jalan hanya lajur berlawanan arah.

Ia mencontohkan, karena kurang berhati-hati pengendara sepeda motor bertabrakan dengan truk di puncak Tutugan Leles, Sabtu pukul 14.00 WIB.

Akibat peristiwa itu, pengendara sepeda motor Yamaha Xeon Z2317FB tanpa identitas diri itu meninggal dunia dan seorang lagi luka-luka.

"Pengemudi motor diduga hilang kendali, secara tiba-tiba oleng ke arah kanan lalu tertabrak truk," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013