"Ya, nggak apa-apa,"
Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Rabu (27/12) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari KPU distribusikan logistik Pemilu 2024 libatkan TNI-Polri hingga Presiden serukan persatuan di perayaan Natal 2023.

1. KPU libatkan TNI-Polri distribusi logistik pemilu ke pelosok daerah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melibatkan unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda), untuk membantu pendistribusian logistik Pemilu 2024 yang disebar ke tempat pemungutan suara (TPS) di daerah rawan bencana hingga kawasan pelosok atau terpencil di Indonesia.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, menjelaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi tersebut guna mendukung kelancaran penyaluran logistik untuk digunakan pada Pemilu 2024 mendatang.

Selengkapnya di sini

2. Presiden ingatkan jaga toleransi dan persatuan saat tahun politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan umat Kristiani untuk menjaga toleransi, perdamaian dan persatuan saat tahun politik.

"Walaupun kita sedang memasuki tahun politik, walaupun sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pemilu, memilih anggota legislatif, memilih presiden dan wapres tetapi kita harus terus menjaga toleransi, menjaga persatuan perdamaian," kata Presiden Jokowi saat Natal Nasional 2023 di Graha Bethany Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Selengkapnya di sini

3. Ganjar sarankan DPR panggil KPU klarifikasi surat suara di Taipei

Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menyarankan Komisi II DPR RI segera memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengklarifikasi soal pembagian surat suara Pemilu 2024 kepada pemilih di Taipei, Taiwan.

"Sebaiknya Komisi II DPR segera memanggil KPU untuk klarifikasi," kata Ganjar setelah bertemu Gubernur DIY Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

4. Soal spanduk "Solo Bukan Gibran", Gibran: Ya, nggak apa-apa

Calon wakil presiden nomor urut 2 sekaligus Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mempermasalahkan munculnya spanduk penolakan terhadap dirinya yang bertuliskan "Solo Bukan Gibran".

"Ya, nggak apa-apa," kata Gibran di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. Anies yakin raup suara Jatim meski Khofifah dukung Prabowo

​​​​Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan optimistis mampu meraup suara pemilih di daerah Jawa Timur meskipun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengisyaratkan bakal mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu yakin bahwa dua partai koalisinya, yakni Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), memiliki jangkauan untuk memenangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Jawa Timur.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023