Karawang (ANTARA News) - Para pemudik bersepeda motor dan bermobil memadati stasiun pengisian bahan bakar umum di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu dini hari.

Banyaknya pemudik bersepeda motor yang masuk ke SPBU menimbulkan antrean kendaraan hingga memanjang ke sisi kiri jalan raya atau jalur khusus sepeda motor sehingga arus lalu lintas terganggu.

Sebagian besar SPBU di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor Tanjungpura-Johar-Wadas-Telagasari-Krasak-Cikalong, merupakan SPBU kecil. Area SPBU yang tidak seluas SPBU besar telah menimbulkan antrean hingga ke jalan raya.

Sementara di SPBU di jalur Pantura Karawang, para pemudik bersepeda motor dan yang menggunakan kendaraan roda empat berhenti tidak sekedar untuk mengisi bahan bakar, tapi juga beristirahat.

Sebagian bahkan merebahkan badan untuk melepas lelah.

Kendaraan-kendaraan yang terparkir dan yang mengisi BBM di SPBU itu umumnya kendaraan dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Banten, Tegal, Cirebon, dan lain-lain.

Seorang pemudik yang akan ke Kebumen, Jawa Tengah, Dede, mengaku merasa letih dan mengantuk setelah menempuh perjalanan dari Tangerang, Banten. Ia mengisi bahan bakar kendaraannya sembari beristirahat di areal SPBU wilayah Jatisari.

Menurut dia, perjalanan ke kampung halamannya tidak bisa dipaksakan karena kondisi dirinya sudah letih setelah menempuh perjalanan cukup jauh.

"Lebih baik istirahat dahulu selama beberapa jam. Kasihan juga isteri kalau dilanjutkan perjalannya," kata dia.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013